08 September 2020


Unesa.ac.id, Surabaya –Unesa menyelenggarakan program PPG Dalam Jabatan Tahap 4 tahun 2020. Pembukaan dan orientasi dilakukan pada Jumat (4/9) melalui daring diikuti sebanyak 58 peserta program studi Pendidikan IPA dari 7 provinsi meliputi Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Riau, Lampung dan Jawa Barat.
Ketua Pusat PPG Unesa, Dr. Syamsul Sodiq, M.Pd., mengatakan sebanyak 58 mahasiswa yang mengikuti PPG Dalam Jabatan tersebut akan dibagi menjadi dua kelas. Mereka akan mengikuti kegiatan selama 85 hari.
Setelah kegiatan orientasi ini, terang Syamsul Sodiq, para mahasiswa akan diajarkan tentang LMS (Learning Management System). Selanjutnya, akan ada materi berupa pengembangan perangkat pembelajaran dan review materi pengembangan.
Selain itu, Syamsul menambahkan mahasiswa harus mengikuti PPL (Praktik Pengalaman Lapangan) di daerah masing-masing, lalu melaksanakan review PPL dan diakhiri dengan UKM PPG (Ujian Kompetensi Mahasiswa Pendidikan Profesi Guru). “Sehingga seluruh proses tersebut akan berakhir sekitar tanggal 20 Desember 2020 nanti,” imbuhnya.
Lebih lanjut Syamsul menjelaskan, program PPG Dalam Jabatan di Unesa telah dimulai sejak tanggal 7 Agustus 2020. Pada tahap 1 diikuti599 peserta dan dibagi dalam 19 kelas. Pada tahap 2 yang berlangsung pada tanggal 13 Agustus2020, diikuti sebanyak 617 mahasiswa yang terbagi dalam 22 kelas. Sedangkan pada tahap 3 dilaksanakan pada 24 Agustus 2020, diikuti sebanyak 531 peserta yang terbagi dalam 15 kelas.
“Sehingga secara keseluruhan ada 1665 mahasiswa PPG Dalam Jabatan yang sedang menempuh pendidikan di Unesa,” tambahnya.
Sementara itu, Ketua LP3M Unesa, Dr. Bachtiar Syaiful Bachri, M.Pd saat membuka acara berpesan kepada peserta agar mengikuti berbagai proses yang sudah dirancang dengan baik selama 85 hari. Lebih lanjut, ia megatakan agar kesempatan yang berharga ini bisa dimanfaatkan dengan baik supaya tingkat kelulusan di semua tahap bisa sesuai dengan target lembaga maupun peserta. (suryo/sir)