19 August 2020


Selain jalur SNMPTN dan SBMPTN, jalur seleksi mandiri merupakan salah satu yang banyak diburu oleh calon mahasiswa lulusan sekolah menengah atas. Sebab itu, setiap perguruan tinggi tidak akan melewatkan hal ini guna menjaring mahasiswa yang tidak lolos seleksi jalur SNMPTN dan SBMPTN. Tidak terkecuali dengan Universitas Negeri Surabaya (Unesa).
Selain jalur mandiri prestasi, Unesa juga menggunakan model jalur mandiri regular dalam Seleksi Penerimaan Mahasiswa Baru (SPMB) tahun 2020, yakni menggunakan nilai Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) Nasional, Jalur Tes Masuk Unesa Berbasis Komputer (TMUBK), dan jalur difabel. “Tidak banyak yang berbeda dalam SPMB Unesa untuk jalur mandiri. Jika tahun sebelumnya tidak menggunakan nilai UTBK, tahun ini pendaftar bisa menggunakan nilai UTBK tahun 2019 dan 2020, atau juga bisa mengikuti TMUBK yang dilaksanakan secara online,” ujar Prof. Bambang Yulianto, Wakil Rektor Bidang Akademik Unesa disela-sela dialog bersama JTV.
TMUBK sendiri merupakan jalur independen yang sengaja disediakan Unesa bagi peserta yang akan diterima melalui ujian tulis berbasis daring (online) dengan materi Tes Kemampuan Potensi Akademik (TKPA) serta uji keterampilan online bagi pemilih Prodi olahraga dan seni.
“Karena situasi pandemik, kemudian ada kebijakan yang diambil kampus (Unesa) yakni TMUBK, ujar Vinda Maya Setianingrum, selaku Ketua Satuan Humas Unesa.
Lebih jauh, Vinda mengungkapkan jika materi TKPA yang dimaksudkan disini meliputi pembelajaran yang diterima selama di sekolah menengah atas seperti matematika dasar, bahasa Indonesia dasar, bahasa inggris dasar, kemampuan verbal, figural, dan numerik.
Secara Umum, peserta yang bisa mengikuti TMUBK merupakan lulusan sekolah menengah atas tahun 2018, 2019, dan 2020 (dibuktikan dengan ijazah atau Surat Keterangan Lulus). Peserta yang memilih mengikuti TMUBK bisa memilih dua Prodi dari kelompok Saintek maupun Soshum berdasarkan peminatan saat di SMA. “Kami sangat merekomendasikan jurusan yang linier dengan peminatan saat di SMA, jadi pemilihan jurusan ini tidak harus berkompetisi dengan lintas jurusan,” tutur Vinda.
Dilansir dari laman SPMB Unesa, pendaftaran TMUBK dimulai tanggal 9 Juli sampai 31 Agustus 2020. Pelaksanaan seleksi dibagi menjadi dua, yakni tanggal 1 September 2020 untuk TKPA online dan 2 September 2020 untuk uji keterampilan. Hasil tes akan diumumkan tanggal 3 September 2020 dan pembayaran UKT bisa dimulai tanggal 3 sampai dengan 5 September 2020.
Informasi lebih lanjut mengenai tata cara pendafatran bisa dibuka pada laman https://sipenmaru.unesa.ac.id. Dokumen yang perlu disiapkan oleh peserta yakni scan ijazah atau surat keterangan lulus, file foto berukuran 4x6 dengan latar belakang polos serta scan surat keterangan sehat dari dokter.
Selain jalur reguler, pada SPMB Unesa tahun ini, juga menjaring siswa-siswi yang memiliki prestasi di bidang seni, olahraga, agama dan kepempimpinan sebagai komitmen Unesa untuk menjadi Rumah Para Jawara. (Ay)