08 August 2020


Unesa.ac.id, Surabaya- Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unesa menyelenggarakan Pembukaan dan Orientasi Akademik PPG Dalam Jabatan Tahap 1 pada Jumatc(7/8). Kegiatan ini merupakan tahap awal bagi calon mahasiswa PPG yang akan menempuh pendidikan profesi guru di Universitas Negeri Surabaya. Kegiatan berlangsung secara daring melalui platform Zoom Meeting dan diikuti sebanyak 1025 orang, dengan rincian 55 orang tamu undangan, 559 peserta PPG, 287 Dosen Pengajar, dan 125 Guru Pamong.
Dalam pelaksanaan PPG tahap 1 ini, di antara 61 LPTK se Indonesia, Unesa dipercaya untuk menyelenggarakan PPG dengan 7 program studi antara lain program studi PGTK, PGSD, IPA, Bahasa Inggris, BK, Matematika, dan PJO. Total jumlah peserta sebanyak 559 orang. Mereka berasal dari Jawa Timur sebanyak 432 peserta, Sumatera Utara sebanyak 56 peserta, Kalimantan Barat sebanyak 43 peserta, dan Jawa Barat sebanyak 28 peserta.
Ketua LP3M Unesa, Dr. Bachtiar S. Bachri, M.Pd. dalam sambutannya berpesan kepada seluruh peserta PPG, para dosen, dan guru pamong yang terlibat untuk mengikuti secara aktif dan sungguh-sungguh kegiatan ini untuk kesiapan pelaksanaan PPG.
Antisipasi kelemahan sistem daring, kata Bachtiar harus dilakukan sejak awal. Contohnya, upaya penipuan yang dilakukan oleh oknum yang tidak bertanggung jawab. Bachtiar menekankan bahwa semua informasi terkait pelaksanaan PPG hanya dapat ditanyakan kepada tim LP3M Unesa. Tidak ada pihak lain yang perlu dihubungi dalam kaitannya dengan informasi pelaksanaan PPG.
“Kelulusan anda dalam pelaksanaan PPG bergantung pada usaha anda dan Tuhan Yang Maha Esa. Jangan percaya dengan janji-janji kelulusan PPG tanpa prosedur resmi yang telah ditentukan oleh Dirjen GTK Kemendikbud,” tegasnya.
Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd, mewakili Rektor Unesa menyampaikan bahwa guru merupakan kunci dari kemajuan sebuah bangsa. Oleh karena itu, di tengah keterbatasan pelaksanaan PPG akibat pandemi Covid-19, diharapkan PPG Unesa dapat menjadi kawah candradimuka untuk para peserta. Untuk itu, Bambang berpesan agar seluruh peserta dapat memanfaatkan kesempatan emas ini dan mengikuti rangkaian kegiatan dengan sungguh-sungguh.
“Kepada pengelola LP3M untuk senantiasa mengembangkan pola pembelajaran dalam rangka mewujudkan Unesa Satu Langkah Didepan,” pesan Bambang.
Acara dilanjutkan dengan pemaparan materi untuk membekali para peserta PPG oleh Dr. Santi Ambarrukmi, M.Ed. selaku Direktur Pendidikan Profesi dan Pembinaan Guru dan Tenaga Kependidikan, Dirjen GTK Kemendikbud. (mufti/sir)