30 July 2020


Unesa.ac.id, Surabaya- Dalam rangka mempersiapkan diri pada ajang Kompetisi Inovasi Bisnis Mahasiswa (KIBM) yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Unesa Career Center mengadakan kegiatan sosialisasi kepada Kabag dan Kasubag selingkung Unesa, Dosen, dan beberapa perwakilan mahasiswa melalui platform zoom meeting pada (29/07).
Kabag Kemahasiswaan, Suyanto dalam sambutannya mengatakan, sosialisasi tersebut bertujuan memberikan bekal kepada dosen pembimbing dan mahasiswa untuk memahami KIBM secara lebih detail. Diharapkan, melalui sosialisasi ini akan didapatkan ilmu baru yang membuat mahasiswa Unesa semakin bersemangat dalam menciptakan karya-karyanya yang inovatif. Apalagi, saat ini Unesa berhasil meraih peringkat tiga nasional pada pendanaan PKM.
“Bidang Kemahasiswaan tidak ada hentinya mensosialisasikan program semacam ini guna memberikan pemahaman dan memotivasi para mahasiswa untuk terus berprestasi,” ujar Suyanto.
Sementara itu, Dr. Budiyanto, M.Pd, selaku narasumber dalam sosialisasi tersebut juga memaparkan bahwa tujuan diadakannya KIBM adalah untuk menciptkan wirausahawan yang kreatif dan inovatif di era revolusi industri 4.0. Selain itu, mahasiswa lebih diperhatikan dengan diberikannya wadah untuk menciptakan bisnisnya sendiri.
“Mahasiswa adalah intelektual bangsa. Maka wajar jika mereka lebih diperhatikan. Ini juga merupakan upaya Mas Menteri dalam menyiapkan generasi emas di tahun 2045,” ujar Budiyanto.
KIBM sendiri memiliki keterikatan dengan dunia kewirausahaan, dan menurut Budiyanto, generasi sekarang cenderung lebih fokus pada dunia wirausaha. Ia mengatakan, generasi milenial sekarang merupakan generasi yang lebih memilih untuk menciptakan peluang kerja dibandingkan dengan mencari pekerjaan.
“Oleh sebab itu, wajar jika dunia kewirausahaan merupakan salah satu yang menjadi fokus generasi sekarang,” tutur Budiyanto.
Selain itu, tambah Budinuryanto, perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang semakin cepat mau tidak mau menuntut mahasiswa untuk bisa mengembangkan keilmuannya secara utuh. Melaui sosialisasi KIBM ini, diharapkan mahasiswa Unesa mampu menciptakan terobosan baru dibidiang inovasi bisnis.
Kegiatan KIBM ini dapat diikuti oleh mahasiswa jenjang akademik, vokasi, dan disabilitas. Harapannya, mutu pendidikan tinggi, khususnya dibidang bisnis bisa meningkat dengan adiadakannya KIBM. (ay/sir)