01 July 2020


Unesa.ac.id, Surabaya - Di masa pandemi Covid-19, semua proses pembelajaran dilakukan secara daring mulai pendidikan tingkat dasar hingga perguruan tinggi. Kondisi ini membuat guru yang belum terbiasa melakukan pembelajaran daring mengalami kesulitan. Menjawab keresahan para guru, Unesa menyelenggarakan workshop bertajuk ‘Pembelajaran Daring yang Menyenangkan” via Google Classroom selama satu minggu.
Kegiatan ini mendapat antusiasme yang tinggi dari para peserta. Menurut Dr. Rinie Pratiwi, M.Si, penyelenggara kegiatan pada hari pertama Kamis (01/07) peserta yang ikut berjumlah 203 orang dari berbagai daerah di Indonesia. Workshop pada hari pertama ini dititikberatkan pada bagaimana menciptakan dan menyusun pembelajaran daring yang menyenangkan, khususnya bagi guru bidang IPA atau Biologi.
“Upaya kami mengadakan workshop ini adalah untuk menjawab masalah para guru yang mengeluhkan kurang bervariasinya model pembelajaran selama pembelajaran daring,” ujar Rinie.
Sementara itu, Tri Cahyono, Perwakilan MGMP Kabupaten Nganjuk berterima kasih kepada penyelenggara karena telah dibimbing dalam merancang pembelajaran daring yang menyenangkan. Dengan pembimbingan ini, pembelajaran akan terus berkembang dan menuju ke arah kesempurnaan.
Emilia Damayanti, M.Si menyampaikan hal serupa. Ia mengatakan, untuk fasilitas yang telah disediakan dan apa yang sudah diberikan Unesa pada tim dosen akan dimanfaatkan dengan baik selama pelatihan.
Dr. Sifak Indana, M.Pd, Wakil Dekan Bidang Kemahasiswan dan Alumni FMIPA menjelaskan dalam New Normal guru maupun siswa harus bahagia. Oleh karena itu, kegiatan workshop ini diharapkan dapat menyenangkan dan membantu menjaga agar pembelajaran tetap menyenangkan dengan model Blanded Learning. (nov/sir)