29 June 2020


Unesa.ac.id, Surabaya – Sabtu (27/06), Jurusan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Olahraga Universitas Negeri Surabaya menggelar webinar dengan topik “Strategi Pembelajaran PJOK di Era New Normal.” Empat narasumber bidang keolahragaan dihadirkan dalam webinar yang dimulai pukul 13.00 itu. Mereka adalah Prof. Dr. H. Nurhasan, M.Kes, Rektor Unesa, Prof. Dr. Tandiyo Rahayu, M.Pd, Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Semarang, Prof. Dr. Adang Suherman, Dekan Fakultas Pendidikan Olahraga dan Kesehatan (FPOK) UPI Bandung dan Prof. Dr. M.E Winarno, M.Pd, Dekan Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) Universitas Negeri Malang.
Webinar yang dimoderatori Dr. Anang Priambodo, M.Psi.T melalui zoom meeting serta disiarkan pada channel Youtube Unesa, diikuti hampir 7000 orang peserta dari sabang sampai Merauke.
Mengawali acara, Dekan Fakultas Ilmu Olahraga Unesa, Dr. Setiyo Hartoto, M.Kes memberikan sambutan bahwa tujuan dari webinar ini adalah agar para guru PJOK dapat melakukan pembelajaran, perencanaan proses pembelajaran, dan mengevaluasi pembelajaran dengan baik melalui pembelajaran daring.
Sementara itu, Rektor Unesa Prof. Dr. H. Nurhasan, M.Kes menuturkan telah terjadi pergeseran cara belajar di sekolah, dimana biasanya pembelajaran PJOK dilakukan dengan tatap muka. Tentu, hal ini menjadi tantangan tersendiri bagi guru PJOK karena biasanya kompetensi pembelajaran PJOK diukur melalui pengetahuan dan ketrampilan yang lebih menonjol. Oleh karena itu, para guru PJOK harus lebih berani berkreasi memodifikasi pelajaran penjas di era covid-19 ini.
“Kata kuncinya keberanian, memodifikasi, berkolaborasi agar mampu beradaptasi sehingga bisa memberikan pembelajaran Penjas pada siswa-siswi kita melalui bantuan orang tua dan keluarga dengan sederhana, dan dilakukan dengan baik serta membahagiakan,” ungkap Nurhasan.
Selanjutnya, secara berturut-turut materi disampaikan oleh para narasumber secara bergantian. Prof. Dr. Tandiyo Rahayu, M.Pd membahas topik “Perencanaan Pembelajaran PJOK di Era New Normal”, Prof. Dr. Adang Suherman, MA dengan topik “Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Era New Normal” dan Prof. Dr. M.E Winarno, M.Pd dengan topik “Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Jasmani di Era New Normal”.
Acara webinar diakhiri dengan sesi tanya jawab dan pengumuman pemenang penulisan buku bunga rampai serta ditutup oleh Ketua Jurusan Pendidikan Olahraga FIO Unesa yang juga Ketua Forum Komunikasi Pengelola Program Studi Penjas Indonesia, Dr. Heryanto Nur Muhammad, S.Pd., M.Pd. (QQ/sir)