24 April 2020


Unesa.ac.id, Surabaya- UCC atau Unesa Crisis Center didirikan untuk ikut membantu dalam penanggulangan Covid-19. Salah satunya adalah dengan memberikan bantuan bagi para tenaga medis yang menjadi garda depan pada kasus Covid-19 yang sedang terjadi saat ini. Jum’at (24/4), UCC memberikan sejumlah bantuan untuk membantu penanggulangan Covid-19 kepada RSUD kabupaten Trenggalek.
Bantuan yang diberikan UCC kali ini, merupakan barang-barang yang memang sangat dibutuhkan oleh para dokter maupun perawat di rumah sakit seperti APD, masker, disinfektan,hazmat dan beberapa barang penting lainnya. “Ini merupakan perintah Rektor dalam rangka mengemban tugas untuk membantu pemerintah dalam penanggulangan Covid-19” ujar Dr. Edy Mintarto, M.Kes., selaku ketua UCC.
Dalam penuturannya, Hendro selaku bagian kepegawaian RSUD Trenggalek mengatakan bahwa bantuan – bantuan yang mereka dapatkan ini nantinya akan disalurkan merata ke puskesmas-puskesmas di Trenggalek. “ Di Trenggalek sendiri kemarin ada satu, tapi sekarang sudah sehat. “ jelasnya ketika ditanya mengenai kondisi Trenggalek saat ini. Dengan bantuan yang telah mereka terima diharapkan dapat memberikan manfaat yang besar untuk para tenaga medis yang tengah berjuang saat ini. Ucapan terima kasih juga disampaikan oleh bapak Hendro dan Arfan atas bantuan yang sudah diberikan oleh UCC. “Insyaallah ini akan sangat membantu sekali, bagi kami yang ada di Trenggalek” ujar Hendro.
Dalam pemberian bantuan, UCC saat ini lebih berfokus pada daerah di sekitar kampus. Namun tidak menutup kemungkinan pemberian bantuan akan diberikan ke daerah – daerah atau lembaga tertentu yang terkait dengan Unesa. Edy berharap Unesa Crisis Center dapat memberikan kontribusi dalam rangka membantu pemerintah dalam memutus rantai penyebaran covid-19, sekaligus dapat membantu meringankan beban masyarakat yang terdampak dengan adanya virus ini. Selain itu, karena unesa adalah lembaga pendidikan, unesa juga memberikan pendampingan baik secara psikologis maupun pembelajaran kepada para mahasiswanya. (hasna)