04 April 2020


Unesa.ac.id-Surabaya, Jumat pagi (3/4) riset pengembangan pabrikan obat nanogold-nanosilver Unesa menggelar kegiatan sosial dengan memberikan bantuan kepada masyarakat terdampak Covid-19 di Surabaya. Bantuan tersebut berupa pemberian nanogold-nanosilver untuk dikonsumsi para warga. Nanogold-nanosilver sendiri merupakan minuman yang memiliki kandungan yang baik dalam meningkatkan sistem kekebalan tubuh seseorang, sehingga diharapkan produk ini mampu menjadi salah satu penangkal virus corona. Pemberian bantuan ini direncanakan dapat dilakukan setiap hari, tidak hanya di satu lokasi saja, melainkan akan menyebar di beberapa lokasi di Surabaya. Tidak hanya mengonsumsi nanogold-nanosilver saja, dalam kegiatan ini warga juga mendapatkan paket sembako.
Kegiatan perdana berlangsung di Jl. Amir Machmud IX No. 55D Gunung Anyar, Surabaya. Awalnya, pemberian ini direncanakan untuk 100 warga, namun ternyata diluar dugaan. Pengunjung membeludak hingga lebih kurang 150 warga berdatangan. Beberapa warga yang datang bahkan tidak berdomisili di sekitar lokasi sasaran. Mereka berdatangan dari luar lokasi sasaran, sebut saja tukang ojek online yang sedang melintas.
Prof. Dr. Titik Taufikurohmah, M.Si., selaku ketua riset pengembangan menyatakan bahwa indikator keberhasilan dalam kegiatan ini nantinya dapat menjadi usulan kepada Walikota Surabaya, Ir. Tri Rismaharini. M. T., dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Surabaya.
“Pemberian nanogold-nanosilver ini mendapatkan respon sangat baik dari masyarakat, kami akan menambah jumlah bantuan menjadi 200 orang dihari Jumat mendatang,” ujar Titik.
Lokasi yang menjadi sasaran selanjutnya terletak di wilayah Sidoarjo. Nantinya, yang bertanggung jawab di lokasi ke-2 ini adalah Prof. Dr. Djodjok Soepardjo, M.Litt., dan Rusmini, S.Pd., M.Si. Harapannya, dengan ditambahkan jumlah bantuan seperti yang disebutkan di atas, kegiatan ini bisa memberikan dampak positif bagi lokasi sasaran. Dengan demikian, wilayah Surabaya dan Sidoarjo dapat merasakan produk unggulan Unesa , yakni nanogold-nanosilver. (Yuris/ay)