06 March 2020


Unesa.ac.id–Surabaya, Media informasi terus berkembang semakin cepat, kita terus didorong untuk mampu beradaptasi dengan segala perubahan dan kemajuan yang ada. Dengan tujuan tersebut, Fakultas Ekonomi Unesa menggelar Workshop Jurnalistik dan Kehumasan bersama Satuan Kehumasan Unesa. Acara yang digelar pada Jumat (06/03) di Auditorium G6 lantai 3 Fakultas Ekonomi yang dihadiri oleh dosen, tim web dan humas fakultas ekonomi serta delegasi Huminfo dari setiap organisasi dan jurusan yang ada di Fakultas Ekonomi.
Selain itu, turut hadir pula Dr. Anang Kistyanto, S.Sos., M.Si selaku Dekan Fakultas Ekonomi juga turut hadir dalam acara tersebut bersama Ketua Satuan Kehumasan Unesa Vinda Maya Setianingrum, S.Sos., M.A., Ketua Divisi Dokumentasi dan Layanan Informasi Gilang Gusti Aji, S.I.P., M.Si serta Ketua Divisi Media dan Pemberitaan Prima Vidya Asteria, S.Pd., M.Pd.
Dalam sambutannya, Anang mengatakan bahwa era saat ini sudah berbeda dengan eranya. Ia berharap paling tidak dalam mengemas berita dan informasi disesuaikan kebutuhan pasar, baik di dalam negeri maupun luar negeri . “Hari ini adalah untuk yang pertama, jadi memang untuk program satuan kehumasan 2020 diantaranya memberikan pelatihan kehumasan di 7 fakultas, dan FE ini untuk yang pertama kalinya.” Tutur Vinda dalam sambutannya. Dalam acara ini, para peserta diberikan materi berupa strategi pencitraan pendidikan tinggi, kepenulisan berita, desain grafis untuk kehumasan serta fotografi dan videografi yang disampaikan oleh tim satuan kehumasan Unesa.
Acara ini digelar dalam rangka bentuk respons dari pengembangan humas Universitas melalui pengembangan humas di Fakultas. Selain itu, acara ini juga memiliki tujuan untuk memberikan pelatihan bagi tim website dan humas agar kedepannya mampu berkontribusi secara optimal dalam membuat berita maupun konten informasi. Hal ini nantinya juga dapat memberikan dampak yang baik bagi citra fakultas sendiri.
Melalui acara ini, diharapkan kedepannya humas Fakultas Ekonomi Unesa, mampu menghasilkan karya jurnalistik dengan cara yang kekinian sehingga seluruh informasi dapat diketahui oleh sivitas akademika Unesa, khususnya di Fakultas Ekonomi. Tim yang sebagian besar dari kaum milenial juga diharapkan dapat menghasilkan konten yang kreatif sesuai eranya. “Tim web dan humas diharapakan bisa melakukan branding Fakultas Ekonomi, terutama pada masa transisi perubahan Fakultas Ekonomi menjadi Fakultas Ekonomika dan Bisnis, dan tentunya tim web dan humas Fakultas ini menjadi tulang punggung dan ujung tombak dari itu semua” ujar Anang. (QQ/hasna)