14 February 2020


Unesa,ac.id – Surabaya, Ngopi Rek atau Ngobrol pintar bersama rektor adalah sebuah kegiatan yang mempertemukan rektor bersama jajarannya dengan para dosen, tendik, dan mahasiswa di setiap fakultas. Kegiatan ini gencar dilakukan oleh Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., beserta jajarannya untuk mewadahi setiap aspirasi dan keluh kesah dari setiap fakultas guna membuat Unesa menjadi lebih baik lagi. Kali ini, Ngopi REK hadir di Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) pada Kamis, (13/2) di Auditorium Lantai 4, Gedung T14, FBS, Kampus Lidah Wetan. Kegiatan ini dihadiri oleh dekan, wakil dekan, kajur, kaprodi, dosen, dan mahasiswa.
Sebagai pembuka kegiatan Ngopi-REK, Dr. Trisakti, M.Si., selaku Dekan FBS menyampaikan bahwa para sivitas akademika yang ada di FBS sangatlah kompak dalam melakukan seluruh kegiatan yang ada di FBS. Selain itu, ia juga mengatakan bahwa kegiatan ini adalah kegiatan yang ditunggu-tunggu karena idenya sudah ada sejak tahun 2019. Harapannya agar pada saat berlangsungnya kegiatan ini, para sivitas akademika dan mahasiswa FBS dapat memberikan masukan untuk menjadikan Unesa yang lebih maju dan jaya. Selanjutnya, para wakil rektor bergantian memaparkan penyampaian target kerja dan pencapaian rektor yang dimulai dari Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd.,. Ia menyampaikan tentang target yang telah dicapai selama tahun 2019 yang menyatakan bahwa tahun ini Unesa merupakan PTN dengan minat pendaftar 10 besar paling banyak di Indonesia. Unesa dan Universitas Brawijaya (UB), Malang menjadi dua PTN yang berasal dari Jawa Timur yang berhasil masuk 10 Besar.
Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama, Dr. Sujarwanto, M.Pd., menyatakan bahwa capaian kinerja Unesa tahun 2019 jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.
“Di tahun 2019 Unesa telah melakukan kerjasama dengan berbagai macam pihak baik dalam maupun luar negeri, ada 302 pihak dalam negeri dan 34 pihak dari luar negeri. Harapannya adalah semata-mata untuk memajukan Unesa,” ujarnya.
Sesi ke tiga dilanjutkan oleh pemaparan target kerja dan pencapaian yang telah di capai di tahun 2019 oleh Wakil Rektor Bidang Umum dan Keuangan, Suprapto, S.Pd., M.T., Ia menyampaikan bahwa pada tahun 2019 Unesa menjadi penerima dana hibah terbaik dan mendapat predikat terbaik dalam Project Visit.
Pada kegiatan ini, Rektor Unesa senantiasa memotivasi segenap sivitas akademika FBS untuk bisa berkarya. Dengan diadakannya kegiatan ini, para pimpinan pusat dan fakultas dapat bersinergi untuk menjadikan Unesa unggul di tingkat nasional dan internasional.
“Kita di era 4.0 itu di haruskan memiliki sifat keberanian untuk berkreasi, berinovasi, dan berkolaborasi agar kita mampu untuk beradaptasi,” jelas Rektor.
Ia berharap agar seluruh sivitas FBS mampu bekerjasama untuk Unesa berprestasi. Harapan serupa juga diungkapkan Trisakti, ia berharap melalui kegiatan ini para sivitas akademika dan mahasiswa FBS juga dapat memberikan masukan untuk menjadikan Unesa lebih maju dan jaya. (Wul/lintang/arya/hasna)