10 December 2019


Unesa.ac.id – Surabaya, Mewujudkan Tri Dharma adalah salah satu kewajiban yang harus dicapai dan dilakukan oleh setiap perguruan tinggi. Banyak jalan yang kemudian ditempuh untuk mewujudkannya. Salah satunya adalah dengan melakukan penolokukuran, atau yang lebih dikenal dengan benchmarking. Tujuan kegiatan ini adalah untuk membandingkan proses yang terjadi di instansi tujuan dengan yang terjadi di instansi sendiri dengan menggunakan indikator spesifik tertentu. Hal ini yang nantinya akan dipakai untuk merencanakan upaya perbaikan terhadap kinerja sebuah instansi.
Sebagaimana yang sudah dijelaskan di atas, hari ini (10/12) Unesa menerima kunjungan dari Politeknik Keuangan Negara (PKN) STAN. Sebagai bentuk kelembagaan baru, PKN STAN membawa misi yang besar untuk menjadikan instansinya lebih besar dan dinamis, sehingga mampu mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi secara utuh. Kunjungannya kali ini bertujuan untuk melakukan penolokukuran di bidang pengelolaan pusat studi yang ada di Unesa.
Kunjungan yang dikemas santai dengan diskusi yang dipimpin langsung oleh Ketua Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Unesa, Prof. Dr. Darni, M.Hum., ini bertempat di Ruang Sidang, Gedung Rektorat lantai 8. Dimulai dengan pengenalan Unesa, LPPM, dan personil yang hadir dalam kunjungan, diskusi ini kemudian berlanjut dengan proses tanya jawab. Dalam hal ini, Ketua Lembaga Pengembangan Pembelajaran dan Penjaminan Mutu (LP3M) Unesa, Dr. Bachtiar Syaiful Bachri, M.Pd., menjelaskan mengenai profil LP3M yang tugas utamanya di bidang pembelajaran. Kapus & Sekpus HKI juga menjelaskan terkait HKI & publikasi, serta masih banyak hal yang didiskusikan dalam kunjungan ini.
Harapannya, kunjungan ini bisa memberikan manfaat, baik bagi PKN STAN maupun bagi Unesa, khususnya dalam hal mewujudkan Tri Dharma Perguruan Tinggi. (ay)