29 October 2019


Unesa.ac.id, Surabaya – Selasa, (29/10) Universitas Negeri Surabaya mendapat mandat menyelenggarakan Join Working Group dalam pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi antara Universitas di Jawa Timur dengan Jiangsu China. Acara ini dihadiri oleh masing-masing delegasi dari Unesa, Unipa, Unhasyi, Universitas Dinamika dan Universitas Sarjanawiyata Tamansiswa, serta 23 perguruan tinggi dari Jiangsu China untuk melakukan MoU diantara kedua belah pihak.
Pada sambutannya Rektor Unesa, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., mengucapkan banyak terima kasih atas kepercayaan yang diberikan oleh Jiangsu China. Rektor berharap dengan MoU ini dapat membangun jejaring yang kuat dengan China untuk bertukar pikiran dan keilmuan serta bermanfaat bagi institusi.
“Kami mengapresasi sekali atas kepercayaan Jiangsu China melibatkan Unesa dalam pengembangan dunia pendidikan serta peningkatan kualitas SDM. Unesa selalu siap berkontribusi dalam segala bidang, baik penelitian, pertukaran mahasiswa, dan juga pertukaran dosen. Kami juga siap memberikan beasiswa kepada mahasiswa dari china yang ingin studi di Unesa,” ujar rektor.
Sementara itu Mr. Deng perwakilan dari Jiangsu China menginformasikan bahwa ia dalam kerja sama ini membawa 23 universitas dari Jiangsu serta universitas yang berfokus pada dunia vokasi. Ia juga menjelaskan Jiangsu merupakan daerah sebelah timur China yang sedang berkembang dalam dunia pendidikan. Tidak hanya itu perkembangan teknologi di Jiangsu kini merambah ke pasar dunia.
“Kami membutuhkan waktu cukup lama untuk meningkatkan kualitas pendidikan dan teknologi di Jiangzu. Kami berharap kerja sama ini dapat meningkatkan kualitas SDM di kedua belah pihak negara baik Indonesia atau China,” ujar Mr. Deng.
Mr. Deng juga menambahkan potensi yang dimiliki oleh Indonesia dalam bidang pendidikan dan teknologi sangat besar. Untuk itu ia ingin memberikan sumbangsih dalam terwujudnya kualitas SDM yang berkualitas dalam berbagai bidang.
Unesa terus mengupayakan perkembangan dalam beberapa sektor untuk menghadai era revolusi industri 4.0. Kerja sama dengan perguruan tinggi internasional merupakan bentuk sinerjitas Unesa dalam pengembangan pendidikan, kompetensi, serta penguatan kapasitas.
Dalam acara ini juga turut serta dihadiri Ketua Senat, Direktur Pascasarjana, ketua lembaga, dan dekan selingkung Unesa. (why/tni/nov)