26 September 2019


Unesa.ac.id, Surabaya – Untuk menggali bakat dan potensi mahasiswa tentang hal keagamaan, Fakultas Teknik mengadakan lomba tingkat fakultas Musabaqah Tilawatil Qur’an (MTQ). Mengusung tema ‘Menjadikan Al Qur’an sebagai Spirit Generasi Muslim Inovatif dan Berakhlak Mulia di Era 4.0’ kegiatan tahunan ini diadakan di Auditorium Gedung Teknik Informatika Unesa Ketintang, Rabu (25/9).
Dalam ajang ini ada 10 cabang yang diperlombakan baik individu maupun tim. Pada kategori individu meliputi perlombaan Musabaqah Tilawati Qur’an, Musabaqah Tartil Qur’an, Musabaqah Khot Qur’an, Kaligrafi, Musabaqah Hifdzil Qur’an 5 Juz, Musabaqah Hifdzil Qur’an 10 Juz, dan Musabaqah Syahril Qur’an. Sedangkan untuk kategori tim yang terdiri dari 2 sampai 3 mahasiswa meliputi perlombaan LKTI Al-Qur’an, Debat Bahasa Arab, Debat Bahasa Inggris, Desain Aplikasi Qur’an dan Fahmil Qur’an.
Total peserta yang mengikuti ajang ini berjumlah 342 mahasiswa yang berasal dari prodi di Fakultas Teknik. Menurut Dekan Fakultas Teknik, Dr. Maspiyah, M.Kes., dalam sambutannya menyampaikan bahwa jumlah peserta MTQ di FT terus mengalami peningkatan setiap tahunnya.
“Saya merasa bersyukur atas meningkatknya peserta MTQ setiap tahunnya. Hal ini menunjukkan bahwa generasi muda semakin serius mendalami ilmu agama sebagai pioner dalam dirinya. Harapan saya kegiatan ini sebagai wadah kalian untuk berprestasi tidak hanya bidang akademik tapi juga bidang non akademik,” ujar Dr. Maspiyah.
Dr. Maspiyah menambahkan peserta yang meraih juara pada ajang ini dapat berkesempatan untuk mewakili Fakultas Teknik mengikuti MTQ tingkat universitas. Jika nanti berhasil menaklukan pesaing di tingkat universitas, peserta yang berhasil berkesempatan mewakili Unesa di tingkat Nasional. “Semoga yang bisa menjadi juara adalah mahasiswa dari Fakultas Teknik. Harapannya, nanti akan ada semacam karantina atau pembinaan untuk terus menjadi juara hingga ke tingkat nasional,” imbuhnya.
Selain itu Dr. Maspiyah mengemukakan mahasiswa Fakultas Teknik tahun ini terdapat mahasiswa yang diterima dijalur MTQ dan Jalur Madrasah. Ia berharap dari mahasiswa ini dapat menjadi bibit yang dapat berkecimpung dan berprestadi dalam kejuaraan MTQ baik tingkat universitas bahkan nasional. (Suryo/why)