27 August 2019


Unesa.ac.id,Surabaya - Pelaksanaan tes seleksi perangkat desa Kabupaten Sidoarjo di Pusat Pengembangan Teknologi Informasi Unesa berjalan lancar, (24/08). Pada kesempatan kali ini peserta akan mengikuti tes melalui CAT (Computer Assited Tes). Seleksi diikuti 66 peserta dari dua kecamatan di Kabupaten Sidoarjo diantaranya dari Kecamatan Porong dan Kecamatan Sukodono.
Materi tes Computer Assistend Test (CAT) meliputi materi Tes Wawasan Kebangsaan, Tes Intelengensi Umum, Tes Karakteristik Pribadi dan Tes Kompetensi Bidang). Hasil ujian peserta tes dapat langsung diketahui setelah peserta telah menyelesaikan semua item tes di CAT.
Selain itu, Ida Handayani salah satu peserta dari Kecamatan Porong mengatakan tempat dilaksanakannya tes sangat nyaman. menurut Ida kondisi Lab yang bersih dan tenang dapat membuat peserta ujian lebih berkonsentrasi dalam menjawab ujian.
“Suasaana bersih, nyaman, dan tenang membuat saya lebih fokus dalam menjawab pertanyaan,” ungkap Ida.
Tes CAT sendiri dapat menjadi solusi untuk menghindari adanya kecurangan. Untuk itu bagi peserta yang telah melaksanakan tes dapat mengetahui hasilnya sehingga mereka mengetahui tingkat keberhasilan dalam menjawab soal.
Kegiatan seleksi ini merupakan tindak lanjut kerja sama pemerintah Kabupaten Sidoarjo dengan Unesa. Diharapkan dengan terselenggaranya tes ini pemerintah Kabupaten Sidoarjo dapat menghasilkan perangkat desa yang berkompeten, nasionalis, dan sesaui dengan peraturan undang-undang. (jum/why)