30 July 2019


Unesa.ac.id, Surabaya - Unesa String Quartet raih medali perak dalam ajang internasional EUROASIA String Competition 2019 di Kuala Lumpul, Malaysia. Selain Unesa yang mewakili Indonesia, ada sejumah peserta dari negara lainnya seperti Spanyol, Jepang, Singapura, Philipina, China, Korea, Thailand, serta tuan rumah Malaysia.
Membawakan lagu W.A Mozart dan Edvard Grieg sempat memukau penilaian dewan juri, namun tim Unesa String Quartet harus mengakui keunggulan tim tuan rumah Malaysia yang telah mempersiapkan segalanya secara matang.
Memperoleh nilai 80, Ensemble Di Attaca dan Symphonic Maters dari Malaysia berhasil meraih medali emas. Sedangkan Unesa String Quartet memperoleh nilai 70 dan berhak mendapatkan medali perak. Untuk medali perunggu diraih oleh Fairview PYP Tio dari Singapura.
Sebelum meluncur ke Malaysia untuk mengikuti kompetisi, Unesa String Quartet menggelar konser pra kompetisi untuk meningkatkan kepercayaannya sebelum bersaing dengan negara-negara lainnya.
Tim Unesa Tring Quartet sendiri terdiri dari Yudha Tri Pamungkas MP (Violin I), Adi William Raharja (Violin II), Jamiatul Sholikhah (Viola), dan Wildany Mafazatin Nailiyah (Cello). Mereka merupakan binaan dari Harpang Yudha Karyawanto, S.Pd,M.Pd (Viola), Tomy Agung Sugito, S.Pd, M.Pd (Violin), Marda Putra Mahendra, S.Pd,M.Pd (Cello), dan Moh Sarjoko, S.Sn, M.Pd (Conductor).
Menurut Harpang Yudha, timnya sangat minim persiapan. Latihan dilakukan selama dua kali sehari dalam satu bulan penuh. Yudha juga berharap untuk even selanjutnya di tahun 2020 lebih memperiapkan sebaik mungkin baik detail materi dan kekompakkan tim. (why)