17 July 2019


Unesa.ac.id – Surabaya, Bertempat di Fakultas Ilmu Pendidikan (FIP) Unesa, Prodi S1-Manajemen Pendidikan (MP) bersama stakeholder dari lembaga mitra melaksanakan Focus Group Discussion (FGD) guna merumuskan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan dunia kerja di era revolusi industri 4.0, (11/07). Beberapa poin utama yang dijadikan sebagai acuan adalah nilai karakter, revolusi industri 4.0, society 5.0, literasi digital, struktur kurikulum mayor-minor, double degree, serta kurikulum tanggap bencana. Kegiatan ini dibuka oleh Wakil Dekan Bidang Akademik FIP Unesa, Dr. Wagino, M.Pd., dan Ketua Jurusan Syunu Trihantoyo, M.Pd.
Banyak masukan yang disampaikan dalam FGD tersebut. Masing-masing stakeholder memaparkan gambaran aktifitas pekerjaan yang sesuai dengan karakteristik serta kompetensi yang diharapkan ada pada masa mendatang di setiap satuan kerjanya. Dalam hal ini, yang menjadi stakeholder yakni Dinas Pendidikan Provinsi Jatim, Balai Pengambangan SDM Provinsi Jatim, LPMP Jatim, Dinas Pendidikan Kota Surabaya, Balai Diklat Keagamaan Surabaya, BKD Kabupaten Gresik, Sekolah Tinggi Angkatan Laut, dan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Provinsi Jatim.
Dalam FGD kali ini juga disosialisasikan pedoman magang manajemen pendidikan sebagai bagian dari kurikulum prodi, guna mendekatkan pengetahuan mahasiswa dengan dunia kerja. Hal tersebut berkaitan dengan profil lulusan Prodi S-1 MP, yakni sebagai pengelola pendidikan, analisis pendidikan, serta tata laksana pendidikan. Itu tersecermin dari bidang pekerjaan alumni Prodi MP sebagai auditor di Inspektorat Kemendikbud, analisis sarpras, dan analisis diklat di Kemendikbud, serta bidang pendidikan lainnya. (Humas Unesa)