01 July 2019


Unesa.ac.id, Surabaya - Jurusan Psikologi Fakultas Ilmu Pendidikan telah melakukan Witnes Uji Kompetensi Sertifikasi Skema Manajemen Sumber Daya Manusia Kualifikasi 3, 4, 5 dan 6, pada tanggal 22 Juni 2019. Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa semseter 4, 6, 8 serta alumni.
Kegiatan ini sangatlah penting untuk mahasiswa atau pun alumni. Pasalanya dari kompetensi yang diuji peserta dapat melihat sejauh mana kemampuan dirinya untuk bisa terjun ke dunia kerja. Selain itu hal ini juga bertujuan untuk membantu memberikan akses kepada calon tenaga kerja/ alumni jurusan Psikologi untuk melaksanakan sertifikasi yang kontekstual dengan tempat kerja (dalam rangka pengembangan SDM berbasis kompetensi). Serta Memberikan peluang kepada masyarakat luas untuk dapat memanfaatkannya fasilitas Tempat UJi Kompetensi yang tersedia, serta memberikan citra bahwa dunia industri selalu menjaga kualitas calon tenaga kerja yang memenuhi standar Good Practices untuk meningkatkan kompetensinya.
Untuk tenaga kerja sendiri kegiatan ini membantu mendapatkan tempat uji kompetensi yang kontekstual sesuai dengan skema sertifikasi yang diacu. Namun yang terpenting adalah akses uji kompetensi yang lebih udah dan murah dalam rangka sertifikasi kompetensi.
Dalam uji kompetensi, peserta melaksanakan tes lisan dan observasi dengan menjawab beberapa pertanyaan dari asesor dan melakukan unjuk kerja sesuai dengan tugas yang diberikan. Bila hasil tes lisan kurang memuaskan, peserta akan menjalani tes tulis untuk mengevaluasi hasilnya. Setelah itu hasil dari uji kompetensi ini dapat dijadikan bukti kompetensi diri saat memasuki dunia kerja.
Diharapkan dalam Witness Uji Kompetensi Kualifikasi 3,4,5, dan 6 Manajemen Sumber Daya Manusia, seluruh peserta berkompeten dalam skema Sertifikasi sesuai dengan bidangnya masing-masing. Dengan dinyatakannya peserta tersebut lulus maka diharapkan peserta dapat memberikan kontribusi dalam bidang industry serta turun ke dunia kerja di masa yang akan datang.
Sebagai informasi Tempat Uji Kompetensi (TUK) mendukung target kinerja rektor agar mahasiswa Unesa memiliki kompetensi yang terstandarisasi sesuai permintaan pasar. (why)