25 June 2019


Unesa.ac.id, Surabaya - Dalam rangka membekali keahlian kompetensi dalam diri mahasiswa, Jurusan Teknik Informatika Fakultas Teknik Unesa menggelar Uji Kompetensi Skema Desainer Multimedia Utama Multimedia Advanced Designer) di Laboratorium Multimedia Kreatif, Gedung A8, (22/06).
Pembuat skema sekaligus asesor dalam kegiatan tersebut, Setya Chendra Wibawa, S.Pd., M.T., mengatakan kegiatan ini diikuti sekitar 11 mahasiswa yang meliputi dari jurusan Teknik Informatika, Prodi Pendidikan Teknologi Informasi, Prodi Teknik Informatika, Prodi Manajemen Informatika dan Sistem Informasi, sedangkan dari prodi luar TI adalah D3 Desain Grafis
Menurut Wibawa tujuan utama diadakan kegiatan ini adalah untuk memberikan pendampingan dalam bidang multimedia serta memberikan sertifikasi bidang multimedia pada tingkatan advance. Selain itu diharapkan bekal yang diberikan ini peserta dapat percaya diri dalam mendapatkan pekerjaan atau untuk membuka usaha sendiri.
“Kami adakan kegiatan ini bertujuan untuk memebrikan model kepada peserta untuk berani dan siap dalam terjun ke dunia kerja atau pun usaha, semoga bermanfaat,” ujarnya.
Wibawa juga menambahkan bahwa materi yang diberikan berupa praktik dan teori yang meliputi ujian psikomotorik diawali dengan praktek penggunaan peralatan video kemudian dilanjutkan dengan menyiapkan software yang menunjang dengan diberi kebebasan memilih software seperti Adobe Premiere, Vegas dan lain-lain. Untuk menunjukkan skil kreativitas mahasiswa dilakukan editing video, serta urutan yang harus ditata sesuai script yang sudah disediakan dan membuat gambar draft storyboard dari script dan video yang sudah disediakan.
Hasil akhir dari pelaksanaan ini mahasiswa akan memiliki sebuah karya video yang siap dirilis ke masyarakat. (why)