19 June 2019


Unesa.ac.id, Surabaya - Kuliah Kerja Nyata adalah bentuk pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa untuk menerapkan keilmuannya dalam berkontribusi positif di suatu daerah. Setelah diberangkatkan pada hari Senin, (17/06) mahasiswa Unesa telah tersebar di daerah yang telah ditentukan untuk melaksanakan kegiatan KKN. Kemarin (18/06) Pemerintah Kabupaten Nganjuk menerima dengan baik 1433 mahasiswa KKN Unesa yang nantinya akan tersebar di 86 Desa di Kabupaten Nganjuk.
Dalam sambutannya Wakil Rektor Bidang Akademik, Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd., mengucapkan banyak terima kasih atas kerja sama yang baik dengan pemerintah Kabupaten Nganjuk. Bambang menambahkan bahwa mahasiswa KKN yang nantinya ada di Kabupaten Nganjuk dapat menjadi agen perubahan serta berguna dalam pembangunan desa baik sentra pendidikan, pemberdayaan masyarakat, ekonomi dan lain sebagainya.
“Kami ucapkan terima kasih kepada Bupati dan Wakil Bupati serta jajaran Pemerintahan Kabupaten Nganjuk atas penerimaan baik ini. Di kampus mahasiswa telah banyak diajarkan banyak teori dan semoga dengan adanya KKN ini dapat menerapkan segala keilmuannya dalam pengembangan pengabdian kepada masyarakat,” ujar Bambang.
Bambang juga berpesan untuk semua mahasiswa KKN agar bersungguh-sungguh dalam kegiatan KKN ini, dikarenakan dapat menjadi modal besar mereka untuk nantinya setelah lulus berkiprah dalam bermasyarakat. Serta tidak lupa pula untuk manjaga nama baik individu dan lembaga.
Sementara itu Bupati Nganjuk, Novi Rahman Hidayat S.Sos., MM., sangat mengapresiasi sekali kegiatan mahasiswa KKN Unesa ini. Menurutnya mahasiswa di mata masyarakat adalah sosok yang cerdas dan pintar, untuk itu bupati berharap mahasiswa KKN Unesa dapat memberikan kontribusi yang baik dalam pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) dan pengembangan program daerah.
“ini adalah momen baik bagi seluruh mahsiswa KKN untuk menerapkan keilmuan. Jalankan tugas ini dengan baik, memang masalah yang timbul dalam bermasyarakat sangatlah banyak namun saya yakin dengan kemampuan saudara-saudara ini dapat memecahkan permasalahan tersebut dengan baik dan bijak. Semoga KKN kali ini lancar dan membawa manfaat lebih kepada masyarakat,” tambah Bupati.
Sebagai informasi pelaksanaan KKN di Kabupaten Nganjuk dilaksanakan mulai 18 Juni sampai dengan 8 Juli 2019. Terdapat enam kecamatan dan 86 desa yang menjadi bagian dari kegiatan KKN. Kecamatan tersebut diantaranya, Gondang, Rejoso, Sukomoro, Jatikalen, Lengkong, dan Patianrowo. (why)