01 June 2019


Unesa.ac.id, Surabaya - Ada yang berbeda dengan upacara peringatan Hari Lahir Pancasila yang dilakukan Unesa tahun ini. Jika biasanya upacara dilaksanakan di halaman Gedung Rektorat Unesa, Kampus Lidah Wetan, kini upacara dilaksanakan di Lapangan Semangat Pagi Kampus II Universitas PGRI Adi Buana Surabaya, Jalan Dukuh Menanggal XII/4 Surabaya, (01/06). Dipimpin langsung oleh Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi, Prof. H. Mohamad Nasir, Ph. D., Ak., upacara yang mengangkat tema Kita Indonesia Kita Pancasila tersebut diikuti sekitar lebih kurang 3500 peserta yang berasal dari perwakilan universitas dan guru se-Jatim, serta mahasiswa Unesa dan Universitas Adi Buana.
Dalam pidato Badan Pengelolaan Pancasila Indonesia (BPIP) RI yang disampaikan oleh Moh. Nasir disebutkan jika "Indonesia untuk kita semua dan Pancasila adalah rumah kita semua". Maka, sudah sewajarnya kita menjadikan Pancasila sebagai pedoman hidup dalam bernegara. Salah satu perwujudannya adalah membentuk budaya "politik harapan" dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, yakni budaya politik kewarganegaraan yang demokratis, bukan politik yang menimbulkan ketakutan. Kita juga harus senantiasa konsisten merealisasikan Pancasila sebagai dasar negara, ideologi negara, dan pandangan dunia yang dapat membawa kemajuan dan kebahagiaan seluruh bangsa Indonesia. Disela pidatonya, tak lupa Moh. Nasir juga mengucapkan "Selamat Hari Raya Idul Fitri, Mohon Maaf Lahir dan Batin."
Berdasarka surat edaran nomor 55850/A.A6.2/TU/2019 tentang Pedoman Penyelenggaraan Upacara Bendera Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2019 di Lingkungan Kantor Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Seluruh Pimpinan Unit Utama Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala UPT Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Serta Kabupaten/Kota di Seluruh Indonesia, dan Kepala Sekolah/Madrasah Seluruh Indonesia, dihimbau untuk memasang bendera merah putih berukuran besar pada dinding luar gedung-gedung di masing-masing instansi mulai tanggal 17 Mei s.d. 2 Juni 2019, serta memasang spanduk dengan tema “Kita Indonesia, Kita Pancasila”. (ay/why/tni)