31 May 2019


Unesa.ac.id, Surabaya—Di musim hujan, orang-orang perlu lebih berhati-hati. Selain menyiapkan jas hujan atau payung, mereka juga perlu menyiapkan wadah anti hujan untuk mengamankan barang-barangnya. Khususnya barang elektronik yang sensitif terhadap air.
Melalui program kreativitas mahasiswa bidang kewirausahaan (PKM-K), mahasiswa Fakultas Ekonomi Unesa menciptakan produk sebagai solusi melindungi barang-barang bawaan dari hujan. “Kami membuat tas anti hujan yang elegan, fashionable, dan pasti dapat melindungi barang-barang kita dari sentuhan air hujan,” jelas ketua kelompok PKM-K Ainun Riska Adinda, Jumat (31/5/2019).
Tas itu diberi nama T’RAIN atau tas ransel anti hujan sebagai inovasi tas multifungsi pada musim hujan. Selain efektivitas dan efisiensinya, tas itu juga memiliki keunggulan lain, yaitu memiliki tiga item. “Ada tas ransel, ada mantel tubuh, dan ada mantel sepatu juga. Jadi komplit,” tegas Ainun.
Untuk menggunakan tas itu sangat simpel. Pengguna tinggal memakai mantel yang sudah dilengkapi mantel sepatu sehingga semua barang, termasuk sepatu, dapat terhindar dari air hujan. Jika berkendara, orang tidak perlu ribet karena harus membawa banyak barang pelindung dari hujan. Kemasan T’RAIN juga menggunakan bahan yang ramah lingkungan, yaitu menggunakan tote bag sehingga dapat digunakan lagi.
Ainun bercerita, ide pembuatan T’RAIN muncul karena sering melihat fenomena orang yang tiba-tiba berhenti di jalan saat hujan turun. Kemudian mereka sibuk menggunakan jas hujan yang memakan waktu lama. Ainun menangkap, fenomena itu fakta ketidakefisienan. Karena itu, ia bersama timnya mencari solusi yang lebih baik.
“Karena titik tolak ide ini adalah problem di masyarakat maka indikator utama keberhasilan produk ini ya kebermanfaatan bagi masyarakat. Jika produk kami ini bermanfaat dan menjadi solusi bagi masyarakat, berarti produk kami berhasil,” tegasnya.
PKM-K yang diketuai Ainun ini berada di bawah bimbingan Monika Tiarawati, S.E., M.M. Ainun juga memberikan contact person bagi siapa saja yang ingin memiliki dan merasakan T’RAIN, yaitu cukup menghubungi tim PKM-K melalui Instagram @tas.train, Line @hex0556z, atau WhatsApp 085748777845.
“Miliki tasnya dan rasakan manfaatnya,” pungkas Ainun Riska Adinda sambil tersenyum bangga. (Syaiful R/why)