08 April 2019


Unesa.ac.id - Surabaya, Seiring dengan banyaknya pasien Rumah Sakit yang membutuhkan darah, kesediaan kantong darah di Unit Tranfusi Darah (UTD) Palang Merang Indonesia (PMI) Kabupaten Bangkalan, Jawa Timur, semakin menipis. Hal itu kemudian membuat dr. Fachrur Rosi berupaya mencari jalan untuk memenuhi kekurangan tersebut. Salah satu upaya yang coba diwujudkan yakni kerja sama dengan Unesa, dimana Unesa merupakan Perguruan Tinggi Negeri (PTN) pertama di Surabaya yang ikut andil dalam menggalakkan kegiatan sosial kemanusiaan donor darah bersama PMI Bangkalan.
Sekitar lebih kurang 500 pendonor turut berpartisipasi dalam kegiatan kemanusiaan yang dilakukan pagi ini di Lobi Gedung Rektorat, Kampus Unesa Lidah Wetan, (8/4). Selain mahasiswa, jajaran pimpinan, dosen, dan tenaga kependidikan juga terlibat dalam kegiatan ini.
dr. Osi, sapaan akrab dr. Fachrur Rosi menyampaikan rasa terima kasihnya atas kesediaan Unesa untuk ikut andil menggalakan kegiatan kemanusiaan ini. Beliau juga mengutarakan tidak butuh waktu lama untuk berkoordinasi dengan Pimpinan Unesa dalam mengadakan kegiatan ini. Dari kegiatan ini, beliau berharap ke depannya, kerja sama ini bisa ditindaklanjuti lebih serius.
“Harapan saya, nanti ada kerja sama, nanti kami membuat MoU dengan Unesa, sehingga betul-betul Unesa mempunyai peran dalam kegiatan sosial kemanusiaan dalam rangka pemulihan dan pengobatan pasien,” ujar dr. Osi. (ay/tni)