02 April 2019


Unesa.ac.id - Surabaya, Unesa kembali meloloskan 34 judul Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) yang nantinya akan didanai. 34 judul PKM tersebut terdiri dari 4 PKMK, 5 PKMM, 12 PKMPE, 1 PKMPSH, 2 PKMC, dan 10 PKMT. Untuk memberikan dukungan kepada tim yang lolos tersebut, Unesa menggelar acara Pembekalan PKM 5 Bidang Didanai 2019 dan ToT Dosen Pembimbing PKM dengan tema “Ikhtiyar Unesa Meraih Emas 2019”, (2/4).
Acara yang digelar di Auditorium Gedung Rektorat lantai 11 itu tidak hanya diikuti oleh mahasiswa, namun juga melibatkan pembimbing PKM yang nantinya akan menemeni mahasiswa dalam menekuni judul PKM yang sudah berhasil lolos dan didanai. Ada beberapa materi yang diberikan dalam pembekalan, baik kepada mahasiswa maupun kepada pembimbing PKM. Materi pertama terkait "Persiapan Menuju PIMNAS, Apa dan Bagaimana?" disampaikan oleh Dr. Oksiana Jatiningsih, M.Si., materi ke-2 terkait "Menyusun Logbook" disampaikan oleh Ahmad Ajib Ridlwan, S.Pd., M.SEI., serta materi ToT terkait "Persamaan Persepsi PKM" yang disampaikan oleh Dr. Made Pramono, dan materi "Sukses Menjadi Dosen Pembimbing PKM" yang disampaikan oleh Prof. Dr. Tukiran, M.Si.
Nantinya, selain dibimbing oleh dosen pembimbing, tim yang lolos PKM juga akan ditemani oleh tim penalaran. Tahun ini ada 14 tim penalaran dibawah pimpinan Dr. Sifak Indana, M.Pd., yang terdiri dari dosen Fakultas selingkung Unesa. Tim penalaran disiapkan untuk membantu mahasiswa, sehingga selain berkoordinasi dengan dosen pembimbingnya, mahasiswa juga bisa berkoordinasi dengan tim penalaran. Adanya tim penalaran disini diharapkan bisa membuat tim yang lolos PKM bisa melaju sampai di Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS), sehingga secara tidak langsung juga bisa mengangkat kualitas Unesa di mata nasional dengan target masuk 10 besar. Hal itu juga disinggung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Agus Hariyanto, M.Kes. Selain itu, Prima Vidya Asteria, S.Pd., M.Pd., juga mengungkapkan “Kami dari tim dosen penalaran akan memberikan celah-celah agar proposal kalian banyak yang diterima di PIMNAS.” (ay),