21 January 2019


Unesa.ac.id, Surabaya – Menjelang Pendaftaran SNMPTN, Universitas Negeri Surabaya (Unesa) kembali mendapatkan kunjungan. Kali ini kunjungan berasal dari 2 SMA, yakni SMAN 4 Bojonegoro dan SMA Kemala Bhayangkari 3 Porong. Kedua rombongan sekolah itu membawa 332 siswa yang dipusatkan di Gedung Serba Guna (GSG) Unesa Kampus ketintang. Mereka di sambut hangat oleh tim dari Biro Akademik, Kemahasiswaan, Perencanaan, dan Kerja Sama (BAKPK) Unesa, serta beberapa mahasiswa Unesa yang merupakan alumnus dari SMA di Bojonegoro, Kamis (17/01).
Kedua sekolah memiliki tujuan yang sama, yakni agar para siswa yang turut serta dalam kunjungan bisa mendapatkan informasi tentang prodi dan Jalur masuk PTN, khususnya di Unesa. Kepala Sekolah SMAN 4 Bojonegoro, Drs. Soebintarto, M.M., mengungkapkan tujuan dari studi kampus ini agar para siswa lebih termotivasi untuk melanjutkan ke perkuliahan. “Siswa kelas XII kami akan masuk ke PTN, maka perlu ada persiapan dan pengenalan kampus. Bisa Juga nanti sharing kepada alumni atau mahasiswa Unesa yang tadi datang menyambut” ujar Soebintarto.
Selaras dengan pernyataan Soebintarto, Wakil Kepala bidang Kesiswaan SMA Kemala Bhayangkari 3 Porong, Erwin Sugiharto, S.Si., juga menuturkan jika siswanya yang ingin melanjutkan ke perkuliahan juga membutuhkan ilmu dan pengetahuan tentang dunia kampus. “Ketika informasi yang tersampaikan benar-benar diserap siswa, maka akan menjadi sangat bermanfaat. Terlebih lagi, kami juga ingin tahu tentang proses jalur masuk SNMPTN yang ada di Unesa,” pungkas Erwin.
Turut hadir sebagai pemateri Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum (FISH), Dr. Agus Suprijono, M.Si., Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Teknik (FT), Dr. Mochammad Cholik, M.Pd., dan Kepala bagian Akademik BAKPK, Sugeng Waluyo, S.T. Dalam menyampaikan materi, Agus menjelaskan tentang jalur masuk di Unesa. Beliau juga menuturkan jika ada perbedaan kuota untuk jalur masuk SNMPTN. “Untuk jalur masuk SNMPTN terjadi pengurangan kuota. Dimana untuk tahun ini kuota minimum jalur masuk SNMPTN menjadi 20%,” kata dosen FISH itu. Selain itu, pelaksanaan tes SNMPTN akan ditangani oleh lembaga yang bernama Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT).
Cholik juga menambahkan mengenai proses masuk ke Unesa. Sudah sejak tahun lalu Unesa membuka jalur masuk untuk para pengahal Al-Qur’an minimal 15 Juz. “Untuk para siswa yang mampu menghafal minimal 15 Juz bisa memilih jurusan apapun yang ada di Unesa,” tuturnya di sambut tepuk tangan siswa. (Suryo/ay)