16 January 2019


Unesa.ac.id, Surabaya- Satuan Resimen Mahasiswa 804 Universitas Negeri Surabaya telah melaksanakan Latihan Berganda (Latganda) dalam Pengukuhan anggota baru yang merupakan rangkaian Orientasi Bina Mental atau sering disebut ORBINTAL. Acara yang dilaksanakan pada tanggal 4 hingga 6 Januari 2019 ini menggunakan dua titik lokasi sebagai tempat pembinaan diantaranya Kampus Lidah Wetan dan Trawas Kabupaten Mojokerto. Acara diikuti oleh 22 siswa (calon anggota Menwa Unesa) dan 18 Komando Latihan (Kolat).
Upacara pemberangkatan yang dilaksanakan di depan Rektorat Unesa dilepas langsung oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Agus Hariyanto, M.Kes. Dr. Agus dalam sambutannya mengatakan untuk anggota baru Satmenwa 804 agar tetap semangat dan fokus dalam pelatihan ini. Disamping itu pelatihan ini juga sebagai bentuk membangun karakter dan kepribadian yang tangguh bagi anggota baru. Dr. Agus juga berpesan kepada Komando Latihan untuk melaksanakan giat dengan tertib sesuai Standar Operasional Menwa Unesa.
Setelah upacara pemberangkatan, peserta digeser menuju lokasi Long March yang berada di daerah pegunungan di Trawas Mojokerto. Perjalanan dimulai dari SMK Maarif Tambak Boyo dan berakhir di Desa Sendang Trawas. Di sela-sela perjalanan sesuai dengan namanya peserta harus mengaplikasikan materi yang telah diikuti selama latihan rutin mingguan selama 3 bulan. Pamantapan Mental dan Ketahana Fisik serta pengetahuan Kemenwaan lainnya menjadi materi yang diujikan di pertengahan perjalanan. Setelah rangkaian acara di Trawas selesai, peserta kembali ke kampus dan mengikuti giat terakhir yakni upacara penutupan sekaligus pengukuhan anggota baru Satmenwa 804 Unesa. Upacara di pimpin oleh Pembina Satmenwa 804, Dr. Theodorus Wiyanto W., M.Pd.
Dengan dikukuhkannya anggota baru ini nantinya diharapkan dapat menjadi generasi muda Satmenwa yang tangguh, tanggap dan trengginas serta mengabdi untuk Satuan, Universitas dan Bangsa. (aw/why)