22 November 2018


Unesa.ac.id, Surabaya - Gelar kegiatan Pelatihan Jurnalistik selama dua hari yakni, 21 s.d. 22 November 2018, Humas Unesa kembangkan kemampuan menulis mahasiswa. Dengan didampingi dosen pembimbing, masing-masing jurusan dari ke-7 fakultas yang ada di Unesa mengirimkan satu orang perwakilannya untuk digembleng dalam pelatihan jurnalistik yang diadakan di Gedung Rektorat lantai 11.
Kegiatan yang dibuka langsung oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama, Drs. Sujarwanto, M.Pd., ini bertujuan untuk memberikan wawasan bagi mahasiswa mengenai dunia jurnalistik yang tidak hanya berkutat seputar tulisan saja, melainkan ada ilmu-ilmu lain yang perlu diketahui oleh seorang jurnalis. Lebih kurang 75 peserta dengan antusias mengikuti kegiatan ini.
Hari pertama pelatihan, peserta diberikan kesempatan untuk menulis berita feature oleh pemateri pertama, yakni Dr. Endah Imawati, M.Pd., dari Harian Surya. Dalam penyampaian materinya, Endah langsung mengajak peserta untuk menulis. Menurutnya, cara ini lebih efektif untuk memberikan pembelajaran dan pengalaman kepada peserta terkait “Menulis Berita dan Feature”. Berbeda dengan Endah, pemateri ke dua, Vinda Maya S., S.Sos., M.A., (Dosen Ilmu Komunikasi FISH Unesa) memberikan kasus-kasus yang erat kaitannya dengan “Kehumasan Kampus”. Tujuannya yakni untuk memberikan gambaran jika nantinya muncul krisis, serta cara menyelesaiakan krisis tersebut. Pelatihan ini diakhiri dengan materi terkait “Media Sosial Kehumasan” yang disampaikan oleh Gilang Aji, S.I.P., M.Si., (Dosen Ilmu Komunikasi FISH Unesa).
Ada 4 materi di hari ke dua. Materi pertama terkait “Announcer Radio” yang disampaikan oleh Tya Ezar dari Radio Metro Female juga mendapat perhatian. Pasalnya, kini Humas memiliki Radio Streaming yang siap dioperasikan. Dilanjutkan materi kedua yang disampaikan oleh Moh. Wahyu Utomo, S.Pd., M.Pd., dari Humas Unesa. Pada kesempatan ini, Wahyu banyak memberikan penjelasan terkait dunia “Fotografi”. Materi ketiga terkait “Teknik Peliputan dan Keredaksionalan” yang disampaikan oleh Mubasyir Aidi, S.Pd., dari Majalah Mediantara, dan materi terakhir terkait “Perwajahan Media” yang disampaikan oleh Abdur Rohman, S.Pd., dari Media Cetak Duta Masyarakat.
Tidak berhenti disitu, sebelum pelatihan berakhir, peserta diberikan penugasan yang harus mereka kirimkan ke email Humas Unesa. Tujuannya adalah untuk melihat sejauh mana pemahaman mereka terkait materi yang sudah mereka dapatkan selama dua hari tersebut. Nantinya, kegiatan ini diharapkan bisa berkelanjutan dalam bentuk recruitment reporter Humas. (ay)