30 October 2018


Unesa.ac.id-Surabaya, Jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV) dan Desain Grafis Fakultas Bahasa dan Seni (FBS) gelar “Sinestesia” - Pameran Desain Unesa yang dilaksanakan di Gedung Balai Pemuda Surabaya, 27 s.d. 28 Oktober 2018. Tema yang diangkat dalam pameran yang baru kali pertama digelar ini yakni “Konspirasi”, yang berarti mengangkat isu-isu di khalayak umum dari sudut pandang yang berbeda (dilansir dari Instagram ofisial Sinestesia Unesa).
Pameran yang menyita perhatian warga Surabaya itu menampilkan karya-karya dari mahasiswa aktif desain Unesa yang sudah melalui tahap seleksi oleh panitia. Marsudi, S.Pd., M.Pd., selaku Sekretaris Jurusan Desain secara langsung membuka pameran dengan melakukan pengguntingan pita. Selain Sekjur Desain, acara ini juga dihadiri oleh Dosen Seni FBS.
Dalam sambutannya, Marsudi mengucapkan terima kasih kepada pihak-pihak yang terlibat dalam pameran ini. Beliau berharap, nantinya acara ini akan menjadi agenda rutin yang dilaksanakan 1 atau 2 tahun sekali. Sejalan dengan Marsudi, Kemal selaku ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Desain juga berharap hal yang sama. Sementara itu, Luqman Arahim, selaku Ketua Pelaksana Pameran berharap kedepannya Sinestesia bisa diterima oleh masyarakat.
Tidak hanya pameran desain, dalam Sinestesia juga terdapat competition, workshop, dan talkshow. Competition yang diselenggarakan terdiri dari pembuatan Doodle bertema “Budaya Luhur Indonesia” dan Poster Design dengan tema “Sumpah Pemuda”. Sementara untuk workshop, menghadirkan dua pemateri, yakni Luqem yang menjelaskan mengenai “Basic & Digitalize Calligraphy on Android” dan Annisa Nurul K., yang menjelaskan mengenai “Basic Character Watercolor”. Dalam talkshow juga dihadirkan dua pembicara yakni Studio Akronim yang berbicara terkait “Discovering The Process of Design Techniques” dan Bima Satrian yang berbicara mengenai “Creative Bussiness”. (sh/ay)