26 October 2018


Unesa.ac.id-Surabaya, Melanjutkan ke perguruan tinggi merupakan salah satu pilihan yang bisa ditempuh siswa SMA ketika lulus nanti. Namun juga perlu dipertimbangkan mengenai universitas dan program studi mana yang akan dituju. Untuk itu perlu ada informasi tentang profil universitas dan program studi agar tidak salah pilih. Dengan hal inilah MAN 4 Jombang berkunjung ke Unesa untuk memperoleh informasi sebagai bekal para siswi nanti. Stduy Campus berlangsung di Gedung Serba Guna (GSG) Unesa Kampus Ketintang, jumlah siswi yang hadir sebangyak 305 serta didampingi 20 guru pendamping, Kamis, 25/10/2018.
Wakil Kepala Kurikulum MAN 4 Jombang, Zainudin M.Pd, mengungkapkan dalam sambutannya, total siswa siswi kelas XII lebih dari 400. Namun kesempatan untuk berkunjung kali ini diberikan kepada siswi putri. Zainudin juga memaparkan tujuan Madrasah Aliyah Negeri yang beralamat di Denanyar Jombang datang ke Unesa. “Kami ingin observasi kampus, agar nanti para siswi yang ikut bisa memiliki motivasi untuk melanjutkan ke perguruan tinggi,” ujar Zainudin.
Menurut data dari pihak sekolah, pada tahun 2018 alumnus MAN 4 Jombang yang diterima di Unesa sebanyak 25 orang. Hal ini juga yang menjadi motivasi diadakan kunjungan di Unesa.”Diharapkan dengn mengikutsertakan siswi kami sebanyak 300 lebih ini bisa membuka peluang lebih besar agar bisa diterima, karena sudah memiliki motivasi untuk melanjutkan ke Unesa,” terangnya.
Dalam penyampaian informasi terkait kampus dan jalur masuk, turut hadir Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Ilmu Sosial dan Hukum, Dr. Agus Suprijono, M.Si dan Wakil Dekan Bidang Akademik Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam, Prof. Dr. Madlazim, M.Si. Disela-sela pemaparan materi, Dr. Agus menghimbau kepada sekolah agar tetap berkomunikasi baik kepada alumni. Menurut Agus, alumni juga menentukan apankah adik tingkatannya layak diterima atau tidak di suatu perguruan tinggi. “Nilai Indeks Prestasi Kumulatif dari alumni MAN 4 Jombang yang saat ini menempuh pendidikan di Unesa juga diperhitungkan untuk penerimaan mahasiswa baru. Untuk itu tetap beri alumni MAN 4 Jombang motivasi dan semangat untuk meningkatkan IPK,” papar Dosen Pendidikan Sejarah tersebut. (Suryo/why)