04 September 2018


Surabaya—Sabtu (1/9) Koperasi Mahasiswa Unesa bekerja sama dengan BEM Fakultas Ekonomi mengadakan acara Open House dan seminar kewirausahaan. Tema yang diangkat yakni “Urgensi Peran Koperasi Pemuda Dalam Perekonomian Bangsa”, seminar ini diadakan di Auditorium G2 Fakultas Ekonomi, Kampus Unesa Ketintang, Surabaya.
Dalam seminar kewirausahaan ini dihadiri oleh tiga pemateri, pemateri pertama Hj. Nurul Fadhila,S.H., dari Staff Bidang Koperasi, Dinas Koperasi dan Usaha Mikro Kota Surabaya, pemateri kedua, Achmad Kamil pelatih Lapenkop Nasional Asesor dan Konsultan Koperasi, terakhir pemateri ketiga Prof.Dr.H. Supari Muslim,M.Pd., Guru Besar Fakultas Teknik Unesa.
Hj. Nurul Fadhila,S.H. dalam memberikan materinya mengatakan bahwa peran koperasi sangat penting bagi perekonomian negara. Koperasi di era millenial yang sempat dipandang sebelah mata kini mulai dilihat kembali dengan segala potensinya. Selain itu Nurul juga membagikan cara membentuk koordinasi yang baik dalam suatu proses di koperasi.
Terkait koperasi Achmad Kamil menambahkan bahwa mindset tentang koperasi adalah tempat hutang harus dihilangkan. Akan tetapi menanamkan pemikiran bahwa koperasi merupakan wahana untuk membantu dalam hal kebajikan dan ketaqwaan.
Yunita sebagai ketua pelaksana seminar kewirausahaan berharap dengan diadakannya seminar ini para peserta khususnya mahasiswa Unesa lebih mengenal dan sadar akan pentingnya peran koperasi bagi negara dan masyarakat. Seminar diakhiri dengan pembagian cindera mata dari pihak Kopma Unesa kepada ketiga pembicara serta pembagian doorprize. (Ic/why)