13 August 2018


Unesa.ac.id - Surabaya, Dalam rangka memperingati HUT RI ke-73, Cendekia TVRI Jawa Timur hadir kembali dengan mengusung tema “Cita, Cipta, Karya Pendidikan Pascasarjana Unesa untuk Indonesia”, (13/08). Narasumber yang dihadirkan yakni, Direktur Pascasarjana, Prof. Dr. Ismet Basuki, M.Pd., Wakil Direktur II, Dr. Dewie Tri Wijayati Wardoyo, M.Si., serta Sekprodi S2/S3 Teknologi Pendidikan Pascasarjana, Dr. H. Bachtiar Syaiful Bachri, M.Pd.
Guna memberikan output yang berkualitas, Pascasarjana senantiasa berupaya untuk memberikan pelayanan yang maksimal bagi mahasiswa melalui program-programnya. Seperti program pertukaran pelajar, disini mahasiswa akan dikirim ke beberapa perguruan tinggi di luar negeri untuk menimba ilmu. Disamping itu, Pascasarjana Unesa senantiasa mengembangkan jurnal dan artikel ilmiah berbasis internasional guna mewadahi referensi mahasiswa yang sedang melakukan penelitian. Selain itu, di Pascasarjana juga disediakan pelatihan guna membantu mahasiswa untuk menghadapi tes Bahasa Inggris sebagai salah satu syarat kelulusan. Tidak hanya itu, mahasiswa yang memiliki kriteria khusus juga akan diberikan perhatian lebih, dengan memberikan pelatihan khusus sesuai dengan kebutuhannya.
Bachtiar mengatakan bahwa kualitas output harus dipertahankan, tetapi Pascasarjana juga tetap memberikan kelonggaran pada mahasiswanya. Dalam hal ini kita tahu bahwa mahasiswa Pascasarjana rata-rata sudah bekerja. Oleh sebab itu, dalam proses pengerjaan tesis maupun disertasi akan membutuhkan banyak waktu, sementara mereka harus tetap bekerja, sehingga Pascasarjana memberikan solusi berupa kelonggaran waktu pengerjaan, tentunya dengan batas-batas yang sudah ditentukan. Selain itu, Pascasarjana juga sudah memperoleh akreditasi A, sehingga sudah sewajarnya kita memiliki output yang berkualitas di bidangnya.
Ismet selaku Direktur Pascasarjana juga mengungkapkan bahwa pengembangan SDM juga untuk menunjang kualitas pendidikan. Dewie juga menambahkan, dengan akreditasi ini, sudah cukup dijadikan bukti bahwa Pascasarjana mampu memberikan output yang berkualitas, sehingga Pascasarjana bisa dijadikan pilihan untuk melanjutkan studi. (why/ay)