05 September 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA – Dalam mempersiapkan peralihan status menuju Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU), Universitas Siliwangi (UNSIL) melakukan kunjungan ke Universitas Negeri Surabaya (UNESA).
Rombongan kampus yang berlokasi di Kota Tasikmalaya itu disambut oleh jajaran pimpinan UNESA di Ruang Rapat Lantai 8 Rektorat Kampus Lidah Wetan, Surabaya pada Senin (5/9/2022).
Rektor UNSIL, Dr. Ir. Nundang Busaeri, M.T., IPU menjelaskan alasan pihaknya dalam kunjungan tersebut, karena UNSIL takjub dengan perkembangan UNESA belakangan ini. Selain pernah menjuarai Liga BLU juga sebentar lagi bakal menjadi PTN-BH.
“Sehingga dengan kunjungan ini kami bermaksud untuk menggali best practice yang sejalan dengan rencana kami dalam pengajuan perubahan status menjadi PTN-BLU. Apalagi UNESA juara nasional dengan meraih nilai IKU yang bagus,” ucapnya.
Dia menambahkan dengan studi banding yang dilakukan, ke depannya UNSIL dapat melahirkan kebijakan baru yang dapat menjawab berbagai tantangan PTN-Satker (Satuan Kerja Kementerian) dan setelah beralih status menjadi PTN-BLU.
Wakil Rektor Bidang Perencanaan dan Kerja Sama, Dr. Sujarwanto, M.Pd. menjelaskan IKU menjadi parameter kinerja suatu instansi. Tahun ini kampus dengan moto “Growing with Character” telah menunjukkan peningkatan mutu kinerjanya dengan menjuarai Liga IKU PTN-BLU 2022.
“Tentunya dalam peningkatan IKU kita juga melihat PTN-BLU lain yang sama dengan UNESA seperti UM, Unnes, dan sebagainya. Sehingga dari nilai tersebut juga menjadi patokan kita harus lebih unggul dari angka tersebut,” paparnya.
Peran mahasiswa dan dosen tentu diperlukan dalam peningkatan kinerja institusi pendidikan. Karya mereka sangat penting terutama yang sudah mengantongi Hak Kekayaan Intelektual (HKI). “Kita juga targetkan karya teman-teman bisa mencapai tujuh ribu pada tahun ini,” tambahnya.
Pada akhir acara, rektor UNSIL menyampaikan dengan studi banding ini kampusnya mendapatkan acuan dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan tridarma perguruan tinggi. Utamanya dalam peralihan status menuju PTN-BLU. Kunjungan ini juga sekaligus memperkuat kerja sama yang telah ditandatangani dua pihak beberapa waktu lalu.
Dalam pertemuan ini hadir juga Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd., Wakil Rektor Bidang Akademik serta jajarannya. Sementara dari UNSIL, rektor didampingi jajaran wakil rektor dan beberapa staf lain. [HUMAS UNESA]
Penulis: Mohammad Dian Purnama
Editor: @zam Alasiah*