27 June 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA - Rektor Universitas Negeri Surabaya (UNESA) bersama jajarannya turut memonitoring pelaksanaan Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) VII 2022 di Venue Cabang Olahraga Petanque, Alun-alun Situbondo, Jawa Timur pada Minggu, 26 Juni 2022. Sekaligus, menyemangati para atlet dan official UNESA yang terlibat dalam pekan olahraga provinsi terbesar di Indonesia itu.
Rektor UNESA, Prof. Dr. Nurhasan., M.Kes., mengatakan bahwa pada Porprov Jatim VII 2022, diikuti sebanyak 34 kabupaten/kota dengan melibatkan atlet plus official yang mencapai 14.486 orang dalam 47 cabang olahraga (cabor). Di antara jumlah itu, sebanyak 367 atlet usia di bawah 21 tahun memperebutkan 88 medali dalam 11 nomor.
Nomor yang dilombakan yaitu shooting man, shooting women, single man, single woman, double mix, double man, double women, triple man, triple women, triple 2 putra 1 putri, triple 2 putri 1 putra. “Kami harap muncul bibit-bibit terbaik yang bisa diunggulkan dalam PON 2024 di Aceh nanti,” ujar Cak Hasan yang juga sebagai Ketua Umum Pengprov Federasi Olahraga Petanque Indonesia Jawa Timur (FOPI Jatim).
Sementara itu, Abdul Hafidz., S.Pd., M.Pd., Ketua Pelaksana Petanque Porprov Jatim VII 2022 menyampaikan bahwa monitoring ini harus dilakukan sebagai bagian dari pemetaan bibit atlet yang dimiliki Jawa Timur yang nantinya bisa ditindaklanjuti lewat pembinaan lebih lanjut untuk persiapan PON XXI Aceh pada 2024 nanti.
“Saya berharap tim pantauan FOPI Jatim dapat memberikan pembinaan, ada seleksi untuk menjadi atlet puslatda yang arahnya ke PON nanti,” ujar dosen Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) UNESA itu.
Guna peningkatan kualitas atlet Jawa Timur, termasuk atlet UNESA, lanjut Hafidz, nantinya akan diberikan pembinaan khusus berkelanjutan. Pihaknya akan menyelenggarakan coaching clinic bagi atlet-atlet masa depan yang rencananya menjadi bagian dari rangkaian kegiatan Dies Natalis ke-58 UNESA.
Rencananya, coaching clinic diselenggarakan di UNESA dengan melibatkan pelatih dari Negeri Jiran, Malaysia. Pelatih yang dimaksud pernah menjadi pelatih Jawa timur pada perhelatan PON XX lalu. Harapannya, atlet-atlet yang tersaring nantinya adalah atlet inti dalam puslatda FOPI Jatim. “Dalam rangka dies natalis juga, UNESA akan menyelenggarakan kembali kejurnas petanque sekitar pertengahan Juli. Kegiatan itu sendiri akan berlangsung di kampus,” ungkapnya.
Sebagai informasi, Pekan Olahraga Provinsi Jawa Timur (Porprov Jatim) VII 2022 berakhir kemarin (Minggu, 4 Juli 2022). Kompetisi olahraga tersebut diikuti sebanyak 34 kabupaten/kota dan melibatkan atlet plus official mencapai 14.486 orang dalam 47 cabang olahraga. Kota Surabaya keluar sebagai juara umum dengan mengoleksi sebanyak 130 emas, 99 perak dan 125 perunggu dengan total nilai 843. Di posisi kedua dan ketiga masing-masing ada Kota Malang dan Kabupaten Sidoarjo. [HUMAS UNESA]
Penulis: Hasna
Editor: @zam Alasiah*
Foto : https://kominfo.jatimprov.go.id/berita/cabor-petanque-di-porprov-vii-jatim-2022-dimulai-367-atlet-rebutkan-88-medali