22 June 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA-Jajaran Satuan Admisi Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menyambut kunjungan 150 siswa kelas XI beserta guru MAN 2 Bojonegoro di Auditorium Lantai 11, Gedung Rektorat Kampus Lidah Wetan, Surabaya, para Rabu, 22 Juni 2022.
Kegiatan tersebut dihadiri Gilang Gusti Aji, S.IP., M.Si., Kepala Divisi Publikasi dan Citra Lembaga UPT Humas UNESA, Awang Dharmawan, S.I. Kom., Ketua Divisi Penerimaan Mahasiswa Baru Satuan Admisi Unesa, dan Drs. Parmin, M. Hum., Sekretaris Divisi Kelulusan Admisi Unesa. Para siswa tersebut didampingi Kamid, S.Pd., M.Sc., Wakil Kepala Sekolah Bidang Akademik MAN 2 Bojonegoro dan sejumlah guru.
Gilang Gusti Aji mengungkapkan bahwa semenjak IKIP bertransformasi menjadi UNESA, kampus bermoto “Growing with Character” ini kian berkembang pesat. Program studi terus bertambah baik untuk ilmu kependidikan maupun yang non-kependidikan.
UNESA memberikan mengapresiasi kepada putra-putri terbaik daerah lewat berbagai program beasiswa dan jalur penerimaan mahasiswa baru. UNESA mendorong mahasiswanya untuk terus berprestasi dan memberikan reward khusus.
“Satu mahasiswa ada yang dapat empat puluh tiga juta rupiah dari Unesa karena dalam setahun dia bisa memenangkan sekitar enam puluh perlombaan fotografi. Jadi ini merupakan bentuk apresiasi kami kepada teman-temen agar tetap berprestasi,” ujarnya.
Pada kesempatan itu, Awang Dharmawan memaparkan beberapa jalur penerimaan mahasiswa baru mulai dari SNMPTN, SBMPTN, dan SPMB atau mandiri. Tahun ini, beber Awang, UNESA menjadi salah satu PTN favorit di tanah air dengan pendaftar terbanyak jalur SNMPTN dan SBMPTN.
“Persaingan tentu ketat, tetapi kabar baiknya juga UNESA tambah kuota penerimaan mahasiswa baru tahun ini. Bagi peserta yang punya prestasi di bidang keagamaan, kepemimpinan, seni dan olahraga juga bisa masuk UNESA lewat jalur prestasi SPMB. Mulai sekarang bisa siapkan diri,” kata Awang.
Dari pihak sekolah, Kamid menjelaskan bahwa MAN 2 Bojonegoro memiliki program khusus keagamaan yang di mana, setelah lulus mereka diharapkan dapat memiliki peluang yang besar untuk melanjutkan pendidikannya pada bidang umum di UNESA melalui jalur keagamaan. “Dengan kegiatan ini anak-anak memiliki kesan dan punya tekad sehingga termotivasi untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi khususnya di UNESA,” harap alumni Pendidikan Matematika IKIP Surabaya itu.
Salah satu siswa, Umam menyampaikan ketertarikannya untuk menempuh pendidikan tinggi di UNESA. Dia bercita-cita masuk di prodi Ilmu Hukum. “Keluarga saya punya latar belakang keluarga di bidang hukum. Jadinya saya ingin masuk kuliah jurusan Hukum. Saya mulai siapkan diri dan semoga nanti bisa masuk di sini sesuai harapan,” ucap Umam. [HUMAS UNESA]
Penulis : Muhammad Dian
Editor: @zam*