24 November 2022



Unesa.ac.id, SURAKARTA-Setelah menyandang status PTN BH, seluruh jajaran, lembaga bahkan divisi yang ada di Universitas Negeri Surabaya (UNESA) gencar melakukan meningkatkan kualitas kinerja dan tata kelola kelembagaan. Salah satu yang dilakukan adalah melakukan benchmarking ke berbagai kampus seperti yang dilakukan UPT Humas UNESA misalnya.
Tim Humas UNESA melakukan benchmarking ke UPT Humas dan Media, Universitas Sebelas Maret (UNS), Surakarta, pada Kamis, 24 November 2022. Rombongan UNESA diterima di Gedung Ki Hadjar Dewantara (UNS Tower).
"Kami sangat senang atas kunjungan dari UPT Humas UNESA ke UNS. Semoga kunjungan ini dapat memberi manfaat bagi masing-masing universitas, " ungkap Lukman Fahmi, S.IP, M.Si selaku Koordinator Bidang Konten Kreator dan Sosmed.
Vinda Maya Setianingrum, S.Sos., M.A selaku kepala UPT Humas UNESA mengungkapkan bahwa kunjungan kali ini untuk belajar terkait tata kelola PPID di UNS yang bisa menjadi oleh-oleh untuk pengembangan PPID di UNESA. Selain itu juga sharing seputar siaran pers dan media sosial termasuk majalah.
Fendi Aji Purnomo, S.Si., M.Eng selaku Koordinator Bidang IT Kehumasan UNS menjelaskan terkait jalannya UPT Humas dan Media UNS dalam melaksanakan berbagai tugas terkait kehumasan dan citra lembaga.
"Prinsip kami membangun sistem itu berawal dari komunikasi dan koordinasi yang efektif. Misalnya anak muda sekarang cenderung menggunakan media apa termasuk media komunikasi dengan teman-teman media sebagai saluran berita ke media," paparnya.

Terkait pelayanan PPID, Fendi Aji mengaku bahwa penting untuk memberikan peningkatan baik dari fasilitas maupun layanan kepada sivitas akademika. Salah satunya adalah dengan menyediakan fasilitas ruangan yang mempuni untuk pelaksanaan pelayanan PPID dan sistem alur pelayaran yang jelas dan mudah.
"Ini memang perlu diduukung semua pihak mulai dari jajaran pimpinan hingga ke jajaran teknis di berbagai fakultas dan prodi. Sistem inilah yang mempercepat kinerja dan mensupport tata kelola PPID. Termasuk tugas dan fungsi Humas lainnya didukung tim teknis di tingkat fakultas," terangnya.
Benchmarking ini, UPT Humas UNESA membawa serta seluruh jajaran di divisi Dokumentasi dan Citra Lembaga dan divisi Pelayanan Informasi dan Data. Mulai dari tim PPID, tim sosial media, tim majalah, tim website, administrasi, dan masih banyak lagi. (HUMAS UNESA)
Reporter: Tim Humas UNESA
Editor: @zam Alasiah*
Foto: Dokumentasi Tim Humas UNESA