26 November 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA-Keunggulan bidang olahraga yang dimiliki Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menjadi daya tarik tersendiri bagi sejumlah sekolah di antaranya Singapore National Academy. Sekolah tersebut melakukan kunjungan ke Kampus Para Juara, khususnya Fakultas Ilmu Olahraga (FIO) pada Kamis, 24 November 2022.
Singapore National Academy membawa 72 siswa, salah satu dari mereka adalah putri Wakil Gubernur Jawa Timur, Emil Elestianto Dardak. Rombongan tersebut disambut jajaran pimpinan dan dosen FIO di Auditorium, Lantai 3, Gedung FIO, Kampus Lidah Wetan.
Wakil Dekan Bidang Akademik FIO, Dwi Cahyo Kartiko menyampaikan bahwa kegiatan yang bertajuk learning journey itu dimaksudkan agar siswa bisa lebih mengenal beberapa olahraga yang asing yang bisa dikembangkan di sekolah mereka.
“Tadi disampaikan dari pihak sekolah bahwa mereka mau menggali atau mengenal olahraga di UNESA khususnya olahraga baru yang bisa dikembangkan di sekolah mereka. Menurut kami ini bagus sekali karena tidak hanya membuat siswa tahu, tetapi juga ketertarikan siswa akan olahraga baru itu,” terangnya.
Cahyo menambahkan, banyak cabang olahraga yang baru yang dikembangkan di FIO UNESA, beberapa di antaranya seperti petanque, kriket, slingshot, fencing atau anggar, gimnastik atau lain-lain.
foto : Senam Ritmik yang diikuti juga oleh putri Emil Dardak
Dalam kunjungan tersebut, para siswa juga berkesempatan menjejaki beberapa cabor baru di FIO, salah satu yang mereka coba adalah cricket yang dibimbing langsung dosen pembina UKM Cricket. Para siswa belajar teknik dasar dalam permainan seperti menangkap, melempar dan memukul.
Selain itu, para siswa yang perempuan juga menjejaki senam dan belajar teknik seperti kelenturan, kelincahan dan keseimbangan serta keindahan senam yang dibalut dengan beberapa pita sebagai objek senam.
Cahyo berharap, dengan berbagai olahraga yang dikembangkan berbasis Sport Sciences di UNESA bisa memberikan manfaat kepada lingkungan sekitar dan masyarakat. Sebab menurutnya, olahraga sangat penting untuk kebugaran dan kesehatan masyarakat.
“Olahraga itu tidak hanya soal kompetisi atau kalah-menang, tetapi berkaitan dengan kebugaran jasmani dan rohani. Salah satu tujuannya bagaimana masyarakat senang berolahraga dan menjadikan olahraga sebagai bagian penting dari pola hidup sehat,” tutupnya. [HUMAS UNESA]
Reporter: Adhim Lathif Aliy/ Ulum Izzati
Editor: @zam Alasiah*
Foto: Dokumentasi Tim Humas UNESA