06 February 2023


Unesa.ac.id, SURABAYA—Program dan inovasi Universitas Negeri Surabaya (UNESA) dalam bidang disabilitas menjadi daya tarik tersendiri bagi kampus luar negeri untuk melakukan kerja sama atau kolaborasi dengan kampus ‘Satu Langkah di Depan’.
Salah satu kampus yang dimaksud yaitu Prince of Songkla University, Thailand. Mereka lawatan ke UNESA pada Senin, 06 Februari 2023 dan disambut jajaran pimpinan di Gedung Fakultas Kedokteran (FK), Lantai 2, Kampus Lidah Wetan, Surabaya.
Kunjungan universitas pertama di Thailand selatan itu dalam rangka membahas berbagai rencana kerja sama yang bisa dilakukan ke depan, salah satu ‘tembakan’ mereka yaitu kerja sama bidang disabilitas.
Dr. Warapark Maitreephun, Associate Dean for Graduate Studies Prince of Songkla University menyampaikan bahwa mereka mengharapkan kerja sama dengan UNESA untuk dapat membangun dan mengembangkan departemen Pendidikan Luar Biasa (PLB) di Negeri Gajah Putih tersebut.
“Kami mengharap dukungan dan dorongan dari UNESA dalam mengembangkan departemen baru yang akan kami bangun. Kami harap juga UNESA berkesempatan menjadi co-host pada acara pertemuan internasional yang akan dilaksanakan di Thailand pada Juli mendatang,” ucapnya.
Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Pengembangan, Kerja Sama, Teknologi Informasi, dan Komunikasi UNESA, Dr. Siti Nur Azizah, S.H., M.Hum., menyampaikan bahwa kerja sama yang dibahas yaitu menyangkut pertukaran mahasiswa dan dosen termasuk penelitian kolaborasi.
Selain itu, tujuan pertemuan ini adalah untuk membahas proposal kolaborasi antara Unesa dan Prince of Songkla University dalam mendirikan Jurusan Pendidikan Luar Biasa di universitas tersebut. Hal itu selaras dengan Unesa yang memiliki beberapa bidang pendidikan utama, salah satunya adalah kualitas dan fasilitas program disabilitas yang unggul.
Sementata itu, Direktur Sekolah Pascasarjana UNESA Prof. Dr. Bambang Yulianto, M.Pd., menyampaikan bahwa agenda tersebut juga dalam rangka penandatanganan memorandum of understanding atau MoU dan focus group discussion atau FGD antar-universitas. Pada kesempatan ini juga dibahas menyelenggarakan penelitian bersama atau joint research antara jurusan Psikologi UNESA dengan Prince of Songkla University.
Pada akhir diskusi, terdapat pengusulan dan rencana untuk melaksanakan pertukaran mahasiswa UNESA ke Prince of Songkla University. Usulan ini pun disepakati dari kedua belah pihak. “Pertukaran mahasiswa ke Thailand akan dibahas dengan mengadakan penandatanganan MoU dan FGD di pertemuan selanjutnya,” jelas Asrori, S.S., M.Pd., Kepala Kantor Urusan Internasional atau Office of International Affair UNESA. [*]
***
Penulis : Fadina Zahra
Editor: @zam Alasiah*
Foto: Dokumentasi Tim OIA Unesa