13 June 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA-Mahasiswa program studi Desain Komunikasi Visual (DKV), Fakultas Bahasa dan Seni (FBS), Universitas Negeri Surabaya (UNESA) punya cara sendiri mengakhiri mata kuliah Publikasi Karya semester genap 2022. Mereka mempersembahkan Enigma Exhibition Volume III dan memamerkan puluhan karya dalam kegiatan yang berlangsung pada 11-12 Juni 2022 itu.
Total ada 80 karya yang ditampilkan. Mulai dari karya ilustrasi, animasi, poster, digital imaging, photography, collage, hingga comic. Semua karya pameran virtual berbasis website itu lahir dari tangan mahasiswa DKV angkatan 2018.
Ketua panitia, Bagus Imam Syafi’i mengatakan bahwa pameran tersebut mengusung tema “Alienasi”. Tema tersebut berangkat dari kondisi kehidupan yang dalam tiga tahun terakhir mengalami perubahan signifikan; semakin berkembang ke arah yang tertutup dari dunia nyata tetapi meluas pada dunia maya.
“Perkembangan dunia digital dan tawaran berbagai aplikasi yang semakin menggiurkan, lalu belakangan ada metaverse membuat kita teralienasi dari dunia nyata dan banyak menghabiskan waktu di dunia maya. Tren yang begitu cepat, membuat orang merasa tertinggal. Perasaan fear of missing out (fomo) sering menghampiri,” paparnya.
Lewat pameran tersebut, dia dan teman-temannya ingin menunjukkan bahwa orang-orang mulai teralienasi dari dunia nyata akibat perkembangan teknologi dan diperparah lagi dengan pandemi Covid-19. “Sisi alienasi atau keterasingan diri sebagai manusia individu maupun sosial di tengah gempuran teknologi inilah yang kami sampaikan lewat karya. Bisa dikatakan sebagai bahan refleksi dan edukasi untuk kita semua,” terangnya.
Di sisi lain, lanjutnya, kegiatan ini sebagai pembelajaran bagi mereka untuk sensitif terhadap persoalan dan memberikan sebuah jawaban lewat karya. “Kita sebagai desainer dituntut untuk selalu tumbuh dan mengeksplorasi tren terkini dan memberi manfaat lewat karya,” ucapnya.
Selain pameran, mereka juga mengadakan, talkshow tentang Optimizing Research, Developing Creativity; Manage Project dan Design in Postmodern Era and How NFT Become Future of Design and Art. Kemudian juga ada lomba Draw This in Your Style Competition, Tiktok or Reels Challenge. Sejumlah rangkaian kegiatan tersebut tentunya gratis dan diikuti peserta mahasiswa dan umum.
Acara tersebut dihadiri Ketua Jurusan DKV., Marsudi S.Pd, M.Pd., pengampu mata kuliah Publikasi Karya, M. Rois Abidin S.Pd, M.Pd. serta jajaran dekan, wakil dekan dan seluruh civitas academica FBS UNESA. Bagi yang ingin melihat karya-karya pameran, bisa mengunjungi laman https://www.enigmaexhibition2022.com/. Semoga bermanfaat. [Humas UNESA]
Penulis: Muhamaad Haikal
Editor: @Hizam Alasyiah*