22 March 2023


Unesa.ac.id, SURABAYA—Pengurus Badan Pembina Olahraga Mahasiswa Indonesia (BAPOMI) Jawa Timur periode 2023-2027 resmi dilantik. Pelantikan itu diselenggarakan pada Selasa 21 Maret 2023, bertempat di Auditorium Fakultas Kedokteran (FK) Universitas Negeri Surabaya (UNESA), Lidah Wetan.
Ketua Panitia, Dr. Muhammad Soleh M.Pd., menyampaikan, BAPOMI Jatim tahun ini sejumlah 105 pengurus. Dengan angka tersebut dia berharap mudah-mudahan bisa bekerja sama untuk membangun prestasi olahraga mahasiswa Indonesia khususnya di Jawa Timur.
“Berangkat tahun sebelumnya Jatim meraih juara 3 pada POMNAS (Pekan Olahraga Mahasiswa Nasional, red). Ke depan kami bertekad bisa juara umum. Semoga sinergi yang makin kuat membawa Jawa Timur memperoleh prestasi terbaiknya,” ucapnya.
Berdasarkan Surat Keputusan (SK), Prof. Dr. Madlazim, M.Si., terpilih sebagai Ketua Umum BAPOMI Jatim 2023-2027 melanjutkan kepemimpinan yang diemban Dr. Mu`arifin, M.Pd pada periode 2018-2022 sebelumnya. Naskah pelantikan dan sumpah jabatan seluruh pengurus baru dipimpin langsung Ketua Umum Pengurus Pusat BAPOMI Dr. Ir. Sri Gunani Partiwi, M.T.
Sri Gunani Partiwi menyampaikan bahwa pengurus yang terpilih pasti karena niat tulus untuk memajukan olahraga Jatim. “Kita tahu bahwa olahraga ini merupakan saran untuk membangun kompetensi komprehensif mahasiswa prestasi itu bonus tetapi proses itu mampu memberikan dampak dahsyat,” ujarnya.
Usai pelantikan selesai, acara dilanjutkan dengan rapat kerja para pengurus BAPOMI untuk membahas rencana-rencana ke depan. Kadispora Jatim, Pulung Chausar, S.STp., M.Si., yang mewakili Gubernur Jatim menyatakan, bahwa pihaknya juga siap untuk bersinergi agar Jawa Timur kondusif untuk peningkatan prestasi olahraga.
Dia menambahkan BAPOMI merupakan organisasi yang bertanggung jawab meningkatkan prestasi bidang olahraga mahasiswa terutama di POMNAS, sehingga di POMNAS ke 18 pengurus BAPOMI Jatim harus mampu memberikan yang terbaik bagi Jatim.
“Kita akan maju bersama-sama kita akan menguatkan silaturahmi bersama memajukan prestasi olahraga Jatim. Kita tidak bisa sendirian tetapi harus bergandengan tangan,” katanya.
Sementara itu, dalam sambutannya, Rektor UNESA, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes, berharap pengurus BAPOMI tahun ini mampu mempersiapkan dengan baik Jawa Timur dalam POMNAS tahun depan di Kalimantan Selatan.
Terutama menyiapkan cabor yang unggul sehingga bisa berlanjut di ASEAN University Games (AUG). “Karena di negara mana pun prestasi olahraga itu dari mahasiswa kalau di Indonesia prestasi olahraganya tidak dari mahasiswa pasti ada yang salah. Saya yakin pengurus baru lebih kuat, inovatif dan lebih kokoh dalam menjaga marwah sekaligus membanggakan BAPOMI Jatim,” terangnya.
Dalam upaya membangun prestasi mahasiswa di Jatim, rektor menegaskan tidak akan terwujud tanpa kerja sama untuk membangun Jatim berprestasi. Pria yang kerap melempar pantun “Manuk Emprit” itu yakin bahwa yang dilantik tersebut adalah SDM pilihan yang akan menjaga marwah olahraga Jatim dan menopang atlet-atlet kalangan mahasiswa kebanggaan Jatim.
Adapun struktur BAPOMI terdiri dari dewan pelindung, dewan penasehat, dewan pengarah, ketua umum, wakil ketua, sekretaris umum, wakil sekretaris, bendahara umum, wakil bendahara. BAPOMI terdiri dari berbagai bidang, ada bidang pengembangan organisasi, bidang pembinaan dan prestasi, bidang dana, bidang hukum, bidang humas, bidang pertandingan dan perlombaan.
Selain itu ada komisi or permainan, komisi or beladiri, komisi or raket (bulutangkis tenis, dan squash), komisi or konsentrasi (panahan, catur, bowling, bridge dan panjat tebing), komisi or atletik dan renang, komisi kesehatan, m. korwil. setiap bidang memiliki ketua dan anggota masing-masing yang berasal dari berbagai universitas di jawa timur.
Dalam acara tersebut hadir Rektor UNESA, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., Kepala Dinas Kepemudaan dan Olahraga (Kadispora) Provinsi Jatim, Pulung Chausar, S.STP, M.Si. Direktur Pembelajaran dan Kemahasiswaan sekaligus Ketua Umum Pengurus Pusat BAPOMI, Dr. Ir. Sri Gunani Partiwi, M.T. Ketua KONI Jatim Drs. Muhammad Nabil, M.Si., Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan se-Jawa Timur, Dewan Pelindung dan Dewan Penasihat BAPOMI Jatim. []
***
Penulis: Lina Lubaba/Muhammad Azhar Adi Mas’ud
Editor: @zam Alasiah*
Foto: Dokumentasi Tim Humas UNESA