05 June 2023


Unesa.ac.id, SURABAYA—Tim Futsal Putra Universitas Negeri Surabaya (UNESA) berhasil mendapat juara 3 pada ajang Telkom University National Futsal Championship di Bandung pada Sabtu, 3 Juni 2023.
Pada laga semifinal, tim Futsal Unesa menghadapi tim Universitas Dharma Andalas. Pada menit-menit awal, tim kampus bertagline "Satu Langkah di Depan" itu sempat tertinggal. Namun, di babak terakhir mampu menciptakan skor sengit 5-4 dan keluar sebagai juara ketiga
Kompetisi yang diadakan UKM Sepak Bola dan Futsal Telkom University Bandung ini diikuti 24 universitas dari berbagai daerah. Adapun UNESA mengirim tim yang diperkuat 18 putra terbaik dari prodi Pendidikan Jasmani, Kesehatan, dan Rekreasi, Pendidikan Kepelatihan Olahraga, Psikologi, PTI, dan D4 Kepelatihan Olahraga.
Pencetak skor terbanyak dari Tim Futsal Unesa pada pertandingan TUNFC yaitu Riyan Fatihqul Muchid dari S1 PJKR 2020 dengan total 5 gol. Dibalik prestasi yang membanggakan itu tidak lepas dari sentuhan tangan dingin pelatih, Rizky Agus Winandra dan David Chandra Wiguna serta dibimbing oleh Rizky Muhammad Sidik, S. Pd., M. Ed.
Dr. Muhamad Sholeh, M. Pd selaku Direktur Kemahasiswaan dan Alumni menyampaikan bahwa UNESA mendukung penuh mahasiswa yang ikut kompetisi. Pihaknya memberikan dukungan fasilitas perizinan mahasiswa dari perkuliahan selama bertanding di Bandung.
Dia mengapresiasi perjuangan mahasiswanya, apalagi melewati tantangan selama pertandingan TUNFC. "Tantangannya lebih ke transportasi mengingat lokasi pertandingan yang cukup jauh di Jawa Barat. Meskipun begitu, Tim Futsal Unesa berhasil membawa prestasi bagi UNESA," ucapnya.
Dia berharap dengan adanya prestasi yang baru saja diraih ini memicu mahasiswa yang lainnya untuk terus aktif mengikuti berbagai kejuaraan nasional dalam bidang apapun. Kompetisi menjadi wadah yang penting untuk melatih diri dan meningkatkan kompetisi.
"Kami terus memberikan support kepada mahasiswa, yang penting ada komunikasi dan koordinasi dengan baik. Apa tantangan dan kebutuhannya tinggal disampaikan saja, nanti kita bicarakan bersama jalan keluarnya," ucapnya. []
***
Penulis: Angel Millehelena
Editor: @zam Alasiah*
Foto : Dokumentasi tim Futsal Unesa