06 June 2023


Unesa.ac.id., SURABAYA—Universitas Negeri Surabaya (UNESA) berangkatkan Tim Debat Bahasa Inggris untuk mengikuti kompetisi National University Debating Championship (NUDC) pada Senin, 5 Juni 2023. Pelepasan tim oleh jajaran pimpinan tersebut berlangsung di Lobi Rektorat, Kampus Lidah Wetan, Surabaya.
NUDC yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional (Puspresnas), Kemendikbudristek ini berlangsung di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa dan diikuti 100 Universitas Negeri dan Swasta seluruh Indonesia.
Tim debat bahasa Inggris yang berkesempatan untuk berlaga mewakili UNESA ini di tingkat nasional ini terdiri dari Muhammad Axel Radityoadji (Teknik Elektro), Mohammad Naufal Hilmy (Sastra Inggris) dan Dheandra Putri Febrianti (Pendidikan Bahasa Inggris).
Mereka merupakan peraih juara 3 kompetisi NUDC tingkat regional wilayah IV (Jatim, Bali dan Nusa Tenggara), peraih number 1 best speaker dan best speaker number 5 pada Mei 2023 lalu. UNESA menjadi 10 besar universitas yang akan diberangkatkan ke kompetisi nasional tersebut untuk mewakili wilayah tingkat IV.
Axel dan kawan-kawan akan berkompetisi selama 8 hari, mulai 5-12 Juni 2023. Mereka didampingi tim administrasi UNESA. Untuk mempersiapkan kompetisi ini, Axel dan kawannya rutin melakukan latihan yang difasilitasi langsung Direktorat Kemahasiswaan dan Alumni. Latihan intensif dilakukan setiap Sabtu dan Minggu.
Selain tim debat bahasa Inggris, pimpinan UNESA juga memberangkatkan tim debat bahasa Indonesia untuk mengikuti Kompetisi Debat Mahasiswa Indonesia (KDMI) juga berlangsung di Universitas Sultan Ageng Tirtayasa. Tim debat ini didampingi langsung oleh Sueb, S.Pd., M.Pd., Direktorat Confucius Institute UNESA.
Direktur Kemahasiswaan dan Alumni, Dr. Muhamad Sholeh, S.Pd., M.Pd., menyampaikan rasa bangga atas usaha dan jerih payah yang sudah dilakukan oleh tim debat bahasa Inggris UNESA di level regional. Dengan berbagai rangkaian persiapan yang dilakukan, dia percaya timnya itu bisa membanggakan almamater di level nasional.
"Semoga teman-teman mahasiswa kita bisa meraih prestasi yang bisa membanggakan UNESA di tingkat nasional. Kita harus buktikan kepada kampus lain bahwa tim UNESA luar biasa," ucapnya semangat. []
***
Penulis: Hiline Wijayanti
Editor: @zam Alasiah*
Foto: Dokumentasi Tim Humas