24 May 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA - Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menerima kunjungan SMK Negeri 3 Batu pada Selasa, 24 Mei 2022. Rombongan dari SMK Negeri 3 Batu, tiba di Lobi Rektorat, Kampus Lidah Wetan pukul 09.30 WIB, yang kemudian diarahkan menuju ke Ruang Sidang BAKPK, Gedung Rektorat Lantai 2, Kampus Lidah Wetan, Surabaya.
Perwakilan dari SMK Negeri 3 Batu dihadiri Ary Agung Wibowo, S.Sn., Slamet Achwandi, S.Kom, Diyah Dewi Gayatri, S.I.Kom, Dian Wahyuning A, S.Kom, beserta 2 siswanya yakni Septian Diva Putra dan Dentra Dharma Galih P. Semetara dari UNESA sendiri dihadiri oleh Vinda Maya Setianingrum, S.Sos., M.A., dan Gilang Gusti Aji, S.T.P., M.Si., dari program studi (prodi) Ilmu Komunikasi.
Selain itu juga ada Muh. Ariffudin Islam, S.Sn., M.Sn., Marsudi, S.Pd., M.Pd., dan Kanya Catya, S.T., M.A., selaku perwakilan dari prodi Desain Komunikasi Visual (DKV) serta perwakilan dari Kece Media.
Dian Wahyuning A, S.Kom, salah satu guru SMK Negeri 3 Batu mengungkapkan bahwa tujuan dari kunjungan tersebut selain silaturahmi juga memperdalam lagi informasi terkait kesiapan apa saja yang dibutuhkan atau bagaimana pertimbangan yang harus dilakukan dalam peralihan salah satu jurusan yang ada di SMK Negeri 3 Batu, yakni dari multimedia yang akan bertransformasi menjadi DKV. Selain itu, juga membahas rencana kerja sama ke depannya.
Marsudi, S.Pd., M.Pd., selaku Ketua Prodi DKV juga menyambut baik kunjungan tersebut. “Sudah direview dan di sini kami tidak mengubah substansinya. Lalu, kami berikan juga satu contoh untuk IA, yakni pengembangan kurikulum. Setiap pelaksanaan dibuat IA, sebab IA menunjukkan bahwa sudah diimplementasikan. Dalam 1 PKS bisa menjadi beberapa IA sesuai dengan poin kerjasamanya,” paparnya.
Ary Agung Wibowo, S.Sn., salah satu guru SMKN 3 Batu juga menyampaikan bahwa pengembangan kurikulum merdeka yang diterapkan di sekolahnya itu dalam fase F. Beliau juga menyampaikan keinginannya untuk melakukan kunjungan kampus ke UNESA.
“Kami juga berharap program praktik kerja lapangan (PKL) yang akan diadakan nanti sekitar bulan november atau desember selama 6 bulan kedepan bisa dilakukan di Kece Media UNESA,” ujar Diyah Dewi Gayatri, S.I.Kom.
Vinda Maya Setianingrum, S.Sos., M.A. Kepala Humas UNESA., mengatakan bahwa mengenai rencana tersebut, UNESA menyambut baik dan mendukung. Karena itu, pihak sekolah bisa mengirim surat resmi ke Wakil Rektor Bidang Akademik. “Maunya beberapa prodi atau jurusan nanti rencanakan disesuaikan terlebih dahulu dengan kebutuhan,” ujarnya.
“Mengenai rencana dari SMKN 3 Batu, tentu kami menyambut baik dan akan diupayakan untuk memenuhi serta diatur shift sesuai kebutuhan. Lalu, dari semua jurusan yang ada di SMKN 3 Batu tentu semuanya bisa masuk dalam program ini,” ujar Irhamna Nirbhaya selaku Kepala Divisi Marketing dan Bisnis dari Kece TV. [HUMAS UNESA]
Penulis: Reyka Ayu
Editor: @zam*