24 May 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA - Universitas Negeri Surabaya (UNESA) menyelenggarakan Seleksi Pegawai Tetap Non-PNS yang diikuti ratusan peserta pada 24-25 Mei 2022. Tes tersebut diadakan di dua tempat yaitu Ruang Training Center PPTI Lantai 4, Gedung Rektorat dan Auditorium Fakultas Ilmu Pendidikan, UNESA Kampus Lidah Wetan, Surabaya.
Satiningsih, S.Psi., M.Si., Koordinator PPTI menyampaikan bahwa tes tersebut baru pertama kali diselenggarakan. Meski demikian tidak mengalami kendala saat persiapan dan pelaksanaan tes. Persiapan yang dilakukan membutuhkan waktu dua minggu. Tes tersebut untuk mengetahui kekuatan, kelebihan, dan aspek-aspek psikologis para peserta berdasarkan formasi yang dibutuhkan di UNESA.
Bersamaan dengan itu, UNESA juga menyelenggarakan Ujian Dinas Berbasis Komputer untuk para pegawai di Laboratorium Komputer, Lantai 4, Gedung Perpustakaan. Ada sekitar 22 peserta yang mengikuti tes tersebut. “Sebagian besar peserta terdiri dari tendik golongan III/d menuju ke III/a. karena masa kerjanya sudah memenuhi syarat sehingga untuk naik ke golongan yang lebih tinggi diharuskan melakukan ujian,” papar Mohamad Sulton Arifin, S.Pd., M.Pd., selaku Koordinator Hukum dan Kepegawaian UNESA.
Dia melanjutkan, materi yang diujikan meliputi Pancasila, UUD 1945, peraturan bidang kepegawaian, KORPRI, OTK Kemendikbudristek, renstra Kemendikbudristek, sejarah, bahasa Indonesia, dan mengisi formulir evaluasi.
Selain Ujian Dinas, juga dilakukan ujian penyesuaian ijazah dari SMA ke S-1. Untuk ujian ini, tidak hanya berbasis komputer, tetapi peserta juga harus membuat makalah dengan tema dan judul yang sudah ditentukan kementerian yang kemudian dipresentasikan pada Jumat, 27 Mei 2022 di Ruang Rapat, Lantai 5, Gedung Rektorat.
Mohamad Sulton Arifin menuturkan bahwa sebelum melakukan ujian, dilakukan pembekalan kepada para peserta karena tidak semua mampu menggunakan komputer. Juga instrumen yang harus dipelajari untuk mempermudah peserta dalam melaksanakan ujian. Dia berharap peserta dapat hasil yang diharapkan dan paling penting ada peningkatan kualitas SDM untuk membawa UNESA semakin maju, unggul dan berprestasi. [Humas UNESA]
Penulis: Nabila
Editor: @zam*