24 September 2023


Unesa.ac.id., SURABAYA—Dalam rangka mempersiapkan atlet muda berbakat untuk persiapan Pomnas XVIII 2023 di Kalimantan Selatan (Kalsel), November mendatang, Bapomi Jatim dan FIKK UNESA menyeleksi tim kontingen futsal putra dan putri di Gor Futsal Internasional UNESA, Rabu (20/9/2023).
Seleksi yang merupakan tahapan pencarian atlet unggulan sebagai mesin perolehan medali bagi Jatim ini diikuti sekitar 50 peserta dari berbagai universitas. Ada yang dari Universitas Bhayangkara, UPN Veteran Jatim, Uinsa, STKIP Bangkalan, UM, UMM, Uinsa, Universitas Narotama dan UNESA.
Riski Muhammad Sidiq selaku ketua pelaksana seleksi mengatakan, tujuan dari seleksi ini adalah membentuk tim futsal kontingen Jatim yang nantinya akan berpartisipasi dalam Pomnas di Kalsel.
Terkait sistem seleksi, pihaknya menggunakan pendekatan game situation yang nantinya pembagian tiap tim sudah tidak lagi berdasarkan asal universitas berdasarkan rekomendasi Porprov Jatim VIII 2023 kemarin atau awal September.
Dari hasil seleksi ini akan diambil masing-masing 15 pemain, baik futsal putra maupun putri. Mereka yang terpilih akan dilatih untuk siap membawa nama Jatim ke Pomnas nanti.
Adapun poin penilaian dari seleksi ini yaitu bagaimana peserta dapat bermain secara kolektif dengan timnya yang berasal dari berbagai universitas. Selain itu, hal-hal teknis yang menjadi atribut mendasar pemain futsal juga dinilai.
"Harapan kami atlet yang terpilih nanti bisa mendulang medali dan memberikan hasil yang berkesan di cabor futsal," harapnya.
Kegiatan yang dimulai sejak pagi itu tampak serius. Masing-masing atlet menunjukan kemampuan terbaiknya dalam menggocek si kulit bundar. Berbagai trik dan strategi pun keluar.
Seleksi ini menjadi kesan tersendiri bagi atlet, salah satunya bagi Hilmi dari D-4 Kepelatihan Olahraga. Dia mengungkapkan, seleksi kali ini cukup berat dan berkesan, karena atlet kampus lain punya kemampuan yang luar biasa. Itu menjadi motivasi baginya untuk turut menunjukan kebolehannya.
"Saya berharap dapat mewakili Jatim. Siapapun yang berangkat nanti, semoga merupakan andalan dan bisa memberikan yang terbaik serta membawa pulang medali sesuai harapan dan target kita bersama," ucapnya. [*]
***
Penulis: Maulana
Editor: @zam Alasiah*
Foto: Dokumentasi Tim Humas