26 September 2023


Unesa.ac.id, SURABAYA—Mahasiswa S-1 Pendidikan Sendratasik, Fakultas Bahasa dan Seni UNESA, Yoga Yan Wardana berhasil memenangkan Lomba Monolog tingkat Nasional oleh AP2Seni (Asosiasi Program Studi Pendidikan Sendratasik Indonesia) di Universitas Negeri Padang (UNP) pada 7-10 September 2023 lalu.
Peraih juara 1 itu membawakan monolog berjudul "Pidato" karya Putu Fajar Arcana. Naskah itu dipersiapkan selama satu setengah bulan dan melewati proses kurasi dengan melakukan take video di gedung T11 FBS untuk seleksi secara daring yang kemudian diunggah di kanal Youtube Teater Sendratasik.
Proses seleksi berlangsung selama 3 pekan. Yoga lolos sebagai 3 besar monolog dan bersaing secara luring di UNP. Tim monolog UNESA terdiri dari Dr. Setyo Yanuartuti, M.Si (korprodi), Dr. Indar Sabri, S.Sn., M.Pd (dosen pendamping), dan Syaiful Qadar Basri (dosen pendamping).
Selain itu, juga terlibat Moh.Khotib Hidayatullah (sutradara) dan Yoga Yan Wardana (aktor), turut serta juga dosen prodi Pendidikan Sendratasik seperti Prof. Dr. Warih Handayaningrum, M.Pd dan Dr. Eko Wahyuni Rahayu, M.Hum. Sebagai peserta Kongres AP2Seni.
Pada perlombaan yang dilaksanakan pada 7 September itu, Yoga berhasil mengalahkan dua peserta lainnya yaitu Syarifah Mawad dengan naskah 'Balada Sumarah karya Tentrem Lestari' dari Universitas Negeri Padang dan Aan Huswatun Hasanah dengan naskah; Anak Kabut karya Sony Farid Maulana' dari Universitas Sultan Ageng Tirtayasa (Banten).
Yoga bercerita bahwa sempat mengalami kesulitan dengan jadwal latihan yang mana harus menyesuaikan dengan jadwal perkuliahan. "Untuk pelaksanaan, lebih ke arah teknis. Mengingat lokasi pelaksanaan yang sangat jauh, sehingga untuk artistik dan properti diminimalisir sedemikian rupa agar tidak terlalu banyak," ucapnya.
Perlombaan ini merupakan perlombaan kali kedua Yoga ikuti. Dia sebagai aktor dalam perlombaan monolog. Yang sebelumnya Yoga pun berhasil meraih juara 1 lomba monolog secara daring oleh UNJ Festival Daring.
Yoga berharap dari prestasi ini bisa diteruskan dan menjadi tren mahasiswa lainnya dan memberikan kebanggaan bagi UNESA di bidang kesenian, mengingat kesenian menjadi salah satu keunggulan UNESA.
Arif Hidajad, S.Sn., M.Pd., dosen prodi Pendidikan Sendratasik sekaligus pengurus AP2Seni periode sebelumnya, mengatakan, lomba ini dirancang untuk memberi kesempatan pada mahasiswa untuk berkarya. Kegiatan ini rangkaian dari kongres AP2Seni yang mempertemukan dosen dan mahasiswa seni tingkat nasional. [*]
***
Penulis: Angel Millehelena
Editor: @zam Alasiah*
Foto: Dokumentasi Tim Humas