13 May 2022


Unesa.ac.id, SURABAYA-Program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha (P2MW) resmi dibuka. Universitas Negeri Surabaya (UNESA) melalui Unesa Career Center (UCC) menggelar sosialisasi panduan P2MW dan teknis pengusulan proposal P2MW pada Kamis (12/05/2022). Kegiatan tersebut berlangsung secara virtual.
P2MW merupakan program dikelola Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, Ditjen Diktiristek. Itu merupakan program pengembangan usaha mahasiswa melalui bantuan dana pengembangan dan pembinaan dengan melakukan pendampingan serta pelatihan (coaching) usaha kepada mahasiswa peserta P2MW.
Pada kesempatan ini, pihak UCC yang diwakili Fendi Achmad, S.Pd., M.Pd., menyampaikan bahwa program Pembinaan Mahasiswa Wirausaha 2022 diberikan kepada perguruan tinggi untuk merancang proses pembinaan kewirausahaan yang berprinsip pada pengembangan karakter ‘creative technopreneur’ meliputi: (a) pengembangan kepemimpinan kolaboratif atau collaborative leadership, (b) creative problem solving, (c) innovative execution berbasis teknologi, dan keberanian mengambil risiko yang terukur.
Adapun syarat bagi mahasiswa yang dapat mengikuti program ini di antaranya: (a) setiap kelompok terdiri dari ketua dan anggota dengan jumlah 3-5 mahasiswa, (b) Kelompok usaha minimal sudah memiliki prototype usaha dibuktikan dengan dokumentasi produk, dan (c) proposal usaha yang diusulkan tidak sedang menerima pendanaan sejenis dari sumber APBN.
Program yang dulunya bernama KBMI (Kegiatan Berwirausaha Mahasiswa Indonesia) ini diharapkan dapat mendorong minat civitas academica UNESA baik dosen maupun mahasiswa dalam bidang kewirausahaan.
Terdapat lima bidang kategori usaha pada P2MW 2022 yang dikompetisikan, seperti makanan dan minuman, produksi atau budidaya, industri kreatif, seni budaya, dan pariwisata, jasa dan perdagangan dan teknologi terapan. “Waktu pelaksanaan program dimulai sosialisasi pada bulan April hingga puncak acara awarding Festival Inovasi Mahasiswa Indonesia (FIMI) pada bulan November nanti,” paparnya.
UNESA menyambut baik kompetisi tersebut. Dia berharap kategori usaha yang terpilih dan berhasil didanai dapat memberikan manfaat secara berkelanjutan. Utamanya untuk membina karakter wirausaha sehingga tercipta lapangan pekerjaan dan mengurangi angka pengangguran. “Untuk informasi lebih lanjut mengenai panduan, juknis dan usulan proposal program ini bisa langsung mengunjungi lamanhttps://kesejahteraan.kemdikbud.go.id/p2mw. [Humas UNESA]
Penulis: Yuris
Editor: @zam*