18 November 2023


Unesa.ac.id, SURABAYA—Himpunan Mahasiswa Jurusan Seni Rupa (HMJ SR) menyelenggarakan pembukaan Pameran Internasional atau International Art Exhibition Sengkuni ke-5 dengan tema “Re-identity” di Pelataran Gedung T2, Fakultas Bahasa dan Seni, Kampus UNESA Lidah Wetan, pada Jumat, 17 November 2023.
Mahrus Ali, ketua pelaksana Sengkuni 5 menyampaikan bahwa di tema ‘Re-identity’ atau yang berarti kembali melihat keberadaan diri merupakan upaya mereka untuk merefleksi atau menengok kembali eksistensi budaya di tengah era serba teknologi.
Sementara itu, Ketua HMJ SR, Nafisa Fajar, menjelaskan pada tahun ini Sengkuni 5 diikuti para seniman dari berbagai negara mulai dari Amerika, Myanmar, Thailand hingga Jepang, dan bekerja sama dengan Visuarekan vol. 5.
Sito Tosi Biosa, dari Visuarekan Vol.5 mengapresiasi kerja sama yang terjalin dan berharap kolaborasi tersebut terus berjalan pada Sengkuni tahun-tahun berikutnya.
Kurator karya dalam pameran Sengkuni 5, Agus Koecink, menjelaskan bahwa pameran ini sebenarnya merupakan tantangan bagaimana mahasiswa Seni Rupa UNESA mampu memahami kerja kuratorial, saling berhubungan, berdiskusi, dan memecahkan suatu masalah bersama.
“Pameran Re-identity ini adalah ide teman-teman yang merefleksi pameran-pameran sebelumnya dalam Sengkuni 1-4. Mereka melihat suasananya sudah berbeda, dan mereka ingin kita melihat diri kita sendiri, identity kita sendiri, dan sebenarnya ide Re-identity ini telah berjalan dengan melaksanakan kerja kuratorial melalui kerja sama, kalian hebat meski masih semester 3,” ungkapnya.
Dra. Indah Chrysanti Angge, M.Sn., Koordinator Prodi S-1 Seni Rupa mengapresiasi seniman luar UNESA yang ikut memeriahkan Sengkuni 5 seperti seniman dari Jember (UNEJ), Malang (UB dan UM), Bandung (ITB dan UPI), Jogja (ISI Jogja dan Taman Siswa Jogja), dan Surakarta (ISI Surakarta dan UNS) serta seniman dari luar negeri seperti Amerika, Myanmar, Thailand hingga Jepang.
Koordinator Prodi S-1 Pendidikan Seni Rupa, Fera Ratyaningrum, S.Pd., M.Pd., turut memberikan apresiasi kepada panitia dari tiga angkatan yang telah berkolaborasi bersama. “Semoga Sengkuni 5 semakin inovatif ke depan karena manfaat dari kegiatan ini sangat luar biasa. Terima kasih juga panitia yang luar biasa berprogres di sela kegiatan dan kesibukannya mengerjakan tugas,” ungkapnya.
Dekan FBS, Syafi’ul Anam, Ph.D., memberikan apresiasi atas kegiatan tersebut. Menurutnya kegiatan itu banyak memberikan impact positif kepada mahasiswa dengan mengembangkan soft-skill di luar kelas. “Saya ingat ini adalah kegiatan yang sejak saya menjadi wakil dekan saya tanda tangani untuk Sengkuni 1 dan sampai Sengkuni 5 ini alhamdulillah bisa bertahan dan terus meningkat kualitasnya saat ini diikuti karya dari Amerika, Jepang, hingga Thailand,” ucapnya.
Rektor UNESA, Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., mengucapkan selamat bagi seluruh seniman yang telah berpartisipasi. Pria yang akrab disapa Cak Hasan itu menyambut para seniman yang telah mengirimkan karyanya dalam pameran Sengkuni 5 yang luar biasa.
“Pameran ini mampu menjadi media menyalurkan karya-karya mereka agar bisa dinikmati masyarakat, acara ini semoga bisa memperkuat relasi antar seniman di seluruh Indonesia dan dunia,” harapnya.
Salah satu karya seniman dunia yang dipajang seperti instalasi seni berjudul “Visit Palestine Project” karya Kaho Ikeda yang berasal dari Jepang. Karya tersebut merepresentasikan dukungan kepada Palestina dan terinspirasi dari sekumpulan poster anti perang dan perdamaian tahun 70 dan 90-an yang ditemukan di toko barang bekas Shiroto No Ran.
Kemudian terdapat karya dari seniman Amerika yakni Drake Dod, yang berjudul “Back to Self-Identity” yang mana karya berbentuk digital printing tersebut mengajak penikmatnya untuk mengkaji lebih dalam terkait konsep artistik identitas personal.
Karya tersebut merupakan simbol dari penggunaan medium untuk menggali lebih dalam pengalaman kehidupan yang akan memberikan gambaran filosofis terkait refleksi, esensi, evolusi, dalam identity.
Pameran Sengkuni 5 berjalan selama 3 hari mulai Jumat, 17 November 2023 sampai Minggu 15, November 2023 bertempat di Gedung T2 Lantai 3, FBS UNESA Lidah Wetan. Dengan diisi oleh beragam acara lain seperti bedah dan bincang karya bersama seniman Putu Sutawijaya.[]
***
Reporter: Muhammad Azhar Adi Mas’ud/Hiline Wijayanti
Editor: @zam Alasiah*
Foto: Dokumentasi Tim Humas