04 March 2024


Unesa.ac.id., SURABAYA—Keunggulan kampus 'Rumah Para Juara' di bidang olahraga menjadi salah satu warna tersendiri dalam setiap kegiatan kampus. Pun nilai keolahragaan berhasil diterjemahkan dalam bentuk program kebugaran bagi civitas academica di tingkat universitas hingga fakultas.
Guna memastikan kebugaran civitasnya, Fakultas Keolahragaan dan Kesehatan (FIKK) mengadakan tes kesehatan dan kebugaran di Lapangan Atletik Bima UNESA Surabaya Kampus 2 Lidah Wetan, pada Jumat, 1 Maret 2024.
Rektor Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., bersama Wakil Rektor Bidang Penelitian, Pengabdian Kepada Masyarakat, Inovasi, Publikasi, dan Pemeringkatan Universitas, Junaidi Budi Prihanto, S.KM., M.KM., Ph.D., dan Dekan FIKK Dr. Dwi Cahyo Kartiko, S.Pd., M.Kes., beserta pejabat dan civitas selingkung FIKK hadiri kegiatan tersebut.
Dwi Cahyo Kartiko, Dekan FIKK mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari upaya dalam menjaga kebugaran seluruh keluarga besar FIKK, sekaligus sebagai langkah mengecek tingkat kesehatan para civitas baik dosen, tendik maupun mahasiswa.
”Alhamdulillah semua dosen dan tendik antusias mengikuti tahapan demi tahapan sesi pemeriksaan dan jalan ringan dan jogging bersama tadi,” ucap pria kelahiran Sidoarjo itu.
Hasil pemeriksaan kesehatan tersebut, nantinya akan ditindaklanjuti, misalnya ada civitas yang hasil tesnya kurang baik, maka akan ada pendampingan kesehatan untuk mempercepat penyembuhan dan pemulihan.
Rektor UNESA yang akrab Cak Hasan mengapresiasi upaya yang dilakukan FIKK dalam menyediakan layanan tes kesehatan dan kebugaran untuk para civitasnya.
Menurutnya, ini penting sekali diadakan, karena dalam menjalankan tridarma perguruan tinggi dibutuhkan fisik yang bugar, psikis yang sehat, alias sehat luar dan dalam atau sehat jasmani dan sehat rohani.
"Agar bugar, selain perlu rutin olahraga, juga perlu melakukan cek rutin perkembangan kesehatan dan kebugaran sebagai upaya mitigasi dari berbagai ancaman kesehatan," ucapnya. []
***
Narasi dan Dokumentasi: Tim FIKK/Tim Humas UNESA
Editor: @zam *