04 March 2024


Unesa.ac.id., SURABAYA—Kabar membanggakan datang dari SMA Labschool Unesa 1 Surabaya. Pasalnya, para siswa yang tergabung dalam dua tim sekolah tersebut baru saja meraih juara dalam Mandalika Essay Competition 4 Tingkat SMA Nasional di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada 2-4 Maret 2024.
Dalam kompetisi bergengsi yang diikuti 1.600 peserta se-Indonesia itu, tim Labschool Unesa diperkuat oleh Caren Chelsea Gunawan, Delicia Maurilla, dan Kinanti Cyla pada tim 1. Sementara tim 2 diperkuat Renadia Aulia dan Sabrina Balqis.
Dua tim yang masing-masing dibimbing oleh Ekris Sutiyanti, S.Pd., M.Sc. dan Yunita Ayu Muji Astutik, S.Pd., M.Pd., itu berhasil masuk final bersama 300 peserta lainnya. Pada babak krusial tersebut, tim Labschool Unesa berhasil menyabet dua medali; emas dan silver.
"Pada event ini tim yang kami kirim membuat esai bidang kesehatan dan luar biasanya para siswa kami bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya," ucap Dewi Purwanti, S.Pd., M.Pd., Kepala SMA Labschool Unesa 1 Surabaya.
Dewi Purwanti menambahkan bahwa pencapaian tersebut merupakan buah dari perjuangan dan persiapan siswa bersama guru pembimbing yang dilakukan jauh-jauh hari tanpa mengenal lelah.
Banyaknya peserta yang terlibat ditambah dorongan ingin membuktikan diri sebagai sekolah yang berprestasi menjadi bahan bakar bagi para siswa dan guru dalam mematangkan persiapan.
"Motivasi siswa kami sebenarnya hanya ingin ikut saja, sekaligus menantang dirinya masing-masing dan mengukur kemampuan. Ternyata, hasilnya membanggakan," ucap kepala sekolah tersebut.
Pada kompetisi tersebut, tim SMA Labschool Unesa 1 Surabaya mempersiapkan esai sejak awal tahun ini. Mereka mengusung esai tentang stunting dan pneumonia pada anak-anak yang sedang hangat diperbincangkan.
“Kami sangat bangga dengan pencapaian para siswa sebagai motivasi untuk terus mendukung mereka untuk meraih prestasi demi prestasi lagi ke depan. Semoga ini menjadi motivasi bagi peserta didik yang lainnya," tutupnya. []
***
Naskah dan Dokumentasi: Tim SMA Labschool Unesa 1 Surabaya
Editor: @zam*