04 April 2024


Universitas Negeri Surabaya
Unesa.ac.id, SURABAYA—Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan (Ditjen GTK), Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) membuka seleksi calon mahasiswa program Pendidikan Profesi Guru (PPG) Prajabatan 2024 mulai 4 April-15 Mei 2024.
Kepala Pusat PPG UNESA, Drs. Fatkur Rohman Kafrawi, M.Pd., mengatakan bahwa ada sejumlah perguruan tinggi pelaksana program PPG di berbagai provinsi, salah satunya Universitas Negeri Surabaya dari tahun ke tahun memiliki tren positif baik dari aspek peminat, prestasi maupun inovasi.
Pada PPG Prajabatan 2024 ini, lanjutnya, UNESA menawarkan sekitar 27 program studi unggulan. Nah, bagi putra dan putri terbaik di berbagai daerah yang hendak mendaftar sebagai calon mahasiswa PPG UNESA perlu memperhatikan syarat dan ketentuannya sebagai berikut:Warga Negara Indonesia (WNI);Tidak terdaftar sebagai guru/kepala sekolah pada Data Pokok Pendidikan (Dapodik);Berusia paling tinggi 32 (tiga puluh dua) tahun pada 31 Desember tahun pendaftaran;Memiliki kualifikasi akademik sarjana (S-1) atau diploma empat (D-IV) yang terdaftar pada Pangkalan Data Pendidikan Tinggi (PD-Dikti) atau terdata pada basis unit data unit Penyetaraan Ijazah Luar Negeri bagi lulusan perguruan tinggi di luar negeri;Memiliki indeks prestasi kumulatif (IPK) paling rendah 3,00 (tiga koma nol nol);Memiliki surat keterangan sehat jasmani dan rohani (diserahkan pada saat lapor diri);Memiliki surat keterangan berkelakuan baik (diserahkan pada saat lapor diri);Memiliki surat keterangan bebas narkotika, psikotropika, dan zat adiktif lainnya
(NAPZA) (diserahkan pada saat lapor diri);Menandatangani pakta integritas; danMengikuti tahapan seleksi yaitu seleksi administrasi, tes substantif, dan tes wawancara.Sekretaris PPG UNESA Dr. Julianto, S.Pd., M.Pd., menambahkan, seleksi calon mahasiswa PPG Prajabatan 2024 terdiri dari beberapa tahapan. Pertama, seleksi administrasi untuk menyeleksi berkas dan persyaratan administrasi yang dilakukan secara daring atau online melalui aplikasi Sistem Informasi Manajemen Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (SIMPKB).
Kedua, tes substantif, meliputi tes penguasaan bidang dan tes kemampuan dasar literasi dan numerasi yang dilaksanakan secara luring atau offline pada Tempat Uji Kompetensi (TUK) yang ditunjuk.
Teknis pelaksanaan tes menggunakan aplikasi Computer Assisted Test Asesmen Nasional Berbasis Komputer (CAT ANBK).
Ketiga, tes wawancara untuk menggali kompetensi profesional dan personal calon mahasiswa, yang dilaksanakan secara daring atau online melalui media/platform virtual meeting.
Keempat, tahapan seleksi yang bersifat sekuensial sehingga jika dinyatakan tidak lulus pada salah satu tahap, maka tidak dapat melanjutkan ke tahap berikutnya. “Mengenai informasi lebih lanjut terkait pendaftaran seleksi calon mahasiswa PPG Prajabatan bisa mengunjungi laman, ppg.kemdikbud.go.id.
Adapun daftar prodi yang bisa dipilih pada program PPG kampus ‘Rumah Para Juara’ sebagai berikut:PGSD (Pendidikan Guru Sekolah Dasar)IPA (Ilmu Pengetahuan Alam)IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial)Pendidikan EkonomiPendidikan BiologiPendidikan Guru Pendidikan Anak Usia DiniPendidikan Luar BiasaPendidikan Bahasa MandarinPendidikan Bahasa JepangBimbingan KonselingGeografiPekerja SosialPendidikan MatematikaPendidikan SejarahPPKn (Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan)Seni BudayaPendidikan SosiologiTeknik ElektronikaBahasa JawaBahasa IndonesiaBisnis dan PemasaranPJOK (Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan)KulinerTeknik KetenagalistrikanKonstruksi dan PropertiTeknik Pelayaran Penangkap IkanTeknik Mesin. [*]***
Reporter: Saputra
Editor: @zam*
Informasi lebih lanjut terkait PPG Prajabatan 2024: ppg.kemdikbud.go.id