02 May 2024


Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, Pemeringkatan, Publikasi dan Science Center menerima penghargaan UNESA sebagai perguruan tinggi ramah disabilitas dalam Beritajatim Award 2024.
Unesa.ac.id, SURABAYA—Universitas Negeri Surabaya (UNESA) mendapat penghargaan sebagai perguruan tinggi ramah disabilitas dalam Beritajatim Award 2024. Penghargaan itu diterima Wakil Rektor 3 UNESA, Dr. Bambang Sigit Widodo, M.Pd., dalam acara penganugerahan di Ballroom Hotel Whiz Luxe Spazio Tower, pada Kamis, 2 Mei 2024.
Wakil Rektor Bidang Riset, Inovasi, Pemeringkatan, Publikasi dan Science Center, Bambang Sigit Widodo menyampaikan terima kasih atas penghargaan yang diberikan Beritajatim kepada kampus 'Rumah Para Juara'.
Penghargaan ini sangat berarti bagi seluruh keluarga besar UNESA dan sebagai pelecut semangat untuk terus memberikan yang terbaik, meningkatkan kualitas layanan bagi kelompok disabilitas, baik dari aspek akademik maupun non-akademik.
Pria kelahiran Kebumen itu berharap agar UNESA terus konsisten membuka wacana ke publik, bahwa pada prinsipnya tidak boleh membeda-bedakan seseorang hanya karena aspek kekurangannya.
Adapun yang paling utama ialah memperjuangkan dan memfasilitasi serta memberikan kesempatan pengembangan diri kepada mereka sesuai kondisi dan kebutuhannya.
"Semoga UNESA dapat terus memberikan yang terbaik, terutama untuk mahasiswa penyandang disabilitas dan semakin banyak lagi inovasi yang dilahirkan ke depan," harapnya.
Rektor UNESA Prof. Dr. Nurhasan, M.Kes., atau Cak Hasan mengatakan bahwa setiap penghargaan yang datang merupakan pengingat sekaligus pendorong dalam meningkatkan kontribusi positif bagi masyarakat, pun kelompok disabilitas.
Predikat kampus ramah disabilitas ini mengharuskan UNESA untuk terus menjaganya dengan kerja yang tak pernah henti. "Kami tak boleh kehilangan keberpihakan dan fokus untuk terus memberikan kesempatan dan pelayanan pada semua anak bangsa untuk mengakses pendidikan yang layak," ucap Cak Hasan.
Penghargaan ini juga sebagai pendorong untuk semakin banyak berinovasi dan berkreasi memberikan pelayanan bagi mahasiswa disabilitas. Pun terus mengupayakan kesempatan dan pelayanan yang layak untuk disabilitas adalah proses belajar yang tak pernah berhenti. UNESA terus mencoba memahami perubahan dan memikirkan ide-ide baru.
Cak Hasan berterima kasih kepada Beritajatim atas penghargaan tersebut. Dia mengapresiasi upaya Beritajatim yang turut peduli pada isu-isu disabilitas. Ini penting karena tentu ada nilai lebih yang berbeda dari media massa dan media sosial.
"Media massa punya tugas membawa isu-isu publik ke masyarakat dan pembacanya dan Beritajatim bisa mengawal isu itu. Semoga kolaborasi dan kerja sama UNESA dan Beritajatim ini terus melahirkan kebaikan untuk masyarakat, bangsa, dan negara," tutup Cak Hasan. []
***
Reporter: Saputra (FBS)
Editor: @zam*
Foto: Dokumentasi Tim UNESA